AYOPRENEUR.COM

Maksimalkan Website Menjadi Keuntungan

10 Jan 2017 Hits : 904

Di era digital seperti sekarang ini, website sudah menjadi sebuah kebutuhan. Data MasterCard Worldwide menyebutkan, lebih dari 57% masyarakat Indonesia sudah akrab dengan sistem jual beli online. Peluang besar ini semakin menambah optimisme bisnis untuk mencicipinya.

Namun, Anda tak bisa asal “nyemplung” alias hanya mengikuti tren yang ujung-ujungnya hanya menghabur-hamburkan uang.

Dimana setiap bulan Anda mengeluarkan banyak uang untuk biaya perawatan namun website belum juga membuahkan keuntungan atau hasil.

Jangan putus asa, dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa elemen penting yang harus Anda lakukan agar setiap rupiah yang dikeluarkan tak sia-sia.

Di luar sana banyak sekali kisah yang menceritakan tentang orang-orang yang sukse menjual produk dan jasanya lewat internet karena berhasil memaksimalkan website yang mereka miliki.

Berikut 4 elemen sukses untuk membuat website Anda menguntungkan:

Memiliki tujuan jelas

Sebelum membuat website, Anda harus tahu dulu untuk apa website tersebut dibuat. Apakah sebagai pusat informasi untuk pelanggan, sebagai brosur untuk menarik minat lebih banyak klien bisnis, atau hanya showcase produk atau jasa.

Sebuah website bisa digunakan untuk menjual produk atau jasa secara ekslusif. Misalnya, Anda membuat sebuah website untuk menjual peralatan memancing. Anda mungkin bisa membuat artikel yang menargetkan para penggemar memancing. Seperti tips dan trik mendapatkan ikan yang lebih besar, atau toko peralatan memancing paling lengkap dan murah.

Website penjualan sederhana biasanya hanya memiliki 2 laman, untuk menampilkan ragam produk dan laman satunya lagi untuk menjelaskan detail produk dan link pembelian. Itu adalah metode sederhana yang efektif untuk menapatkan uang di internet lewat website.

Buat sesuatu yang membuat pengunjung aktif berkunjung

Anda tentu ingin para pengunjung tinggal lama dan melihat laman lain dalam website, bukan? Jika itu keinginan Anda, meletakkan semua tentang produk dan jasa di laman utama bukanlah ide yang baik.

Oleh karena itu, untuk membuat mereka aktif berkunjung, Anda bisa menawarkan mereka daftar langganan newletter.

Buatlah sebuah website yang jelas dan mudah dipahami, dengan begitu pengujung akan dengan senang hati menjelajahi website Anda.

Mengenal target pasar

Kesalahpahaman umum yang dibuat pengusaha baru biasanya produk dan jasa yang mereka jual untuk “semua orang”. Meskipun memang benar begitu, setiap orang membutuhkan produk, tidak semua orang akan membelinya.

Jadi, Anda harus tahu siapa yang ditargetkan untuk datang ke website. Apakah target Anda pelanggan laki-laki atau perempuan, apa tingkat pendidikannya, berapa usianya, apa hobi atau minatnya, apa yang mereka baca, berapa tingkat pendapatannya, dan apa masalah terbesar target pasar Anda.

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentunya akan sangat membantu Anda mendapatkan gambaran yang jelas tentang target pasar.

Dengan informasi itu pula, Anda dapat mulai membuat rencana marketing dan iklan yang akan mendapatkan prospek terbaik untuk membeli produk atau jasa Anda.

Capture nama pengujung

Salah satu keuntungan membuat sebuah website adalah untuk mendapatkan nama atau alamat email pengujung. Dalam skenario ini, pelanggan potensial mengunjungi website Anda kemudian dengan senang hati meninggalkan nama serta alamat email untuk Anda.

Jika demikian, itu artinya mereka memberikan izin kepada Anda untuk mengirimkan email yang relevan tentang update bisnis, update artikel, atau penawaran khusus.

Mungkin saja Anda memiliki tips terbaru tentang bagaimana menggunakan produk yang ingin pelanggan ketahui. Kenapa Anda tak mengirimkannya kepada mereka yang telah mengunjungi website?

Agar pengunjung meninggalkan nama serta alamat email mereka, Anda bisa menawarkan kepada mereka newsletter, ebook gratis, tips mingguan, dan menawarkan kupon atau diskon gratis.

Buatlah sebuah penawaran yang sesuai dengan konten website, dengan begitu pengunjung akan dengan senang hati memberikan nama dan alamat email mereka untuk Anda. Dan, yang paling penting lagi buat mereka merasa nyaman dengan membiarkan mereka tahu bahwa Anda tidak mengumpulkan identitas mereka untuk dijual ke sumber lain.

Dengan mendapatkan nama serta email pengunjung, sejatinya Anda sedang membangun hubungan dengan mereka. Dalam bisnis apapun, membangun hubungan yang baik dengan pelanggan akan mereka royal dan setia.(vaa/marketing)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM