AYOPRENEUR.COM

Jurus Cerdas Memilih KPR

09 Nov 2015 Hits : 1,699

Saat ini, pembelian rumah dengan cara KPR semakin banyak dipilih. Selain dirasa lebih ringan, Anda bisa langsung menempati rumah yang diinginkan tanpa melunasinya terlebih dahulu. Melihat peluang itu, semakin gencar pula iklan peminjaman rumah yang justru membuat calon nasabahnya bingung. Bagaimana cara mudah memilih KPR?

Bandingkan angsuran KPR
Dari berbagai bank yang sudah Anda pilih, lihat mana yang menawarkan cicilan paling rendah. Pilih jumlah peminjaman dan jangka waktu peminjaman yang sesuai dengan Anda. Kemudian, lihat jumlah cicilan yang harus dibayarkan per bulan. Dari situ, Anda bisa membandingkan lembaga mana yang menawarkan cicilan KPR yang paling kecil. Jangan lupa juga untuk melihat berapa jumlah angsuran yang harus dibayarkan.

Pahami tingkat dan jenis bunga
Jumlah angsuran ditentukan oleh berapa besar suku bunga, serta jenis bunga yang dipakai. Ada 2 jenis suku bunga, yaitu tetap dan tidak tetap (floating). Dengan suku bunga tetap, angsuran tidak berubah selama masa KPR dan jumlah cicilan relatif kecil. Tetapi, pastikan berapa lama jangka waktu berlakunya suku bunga tetap ini. Jika berubah menjadi bunga tidak tetap, tingkat suku bunga bisa berubah tergantung gejolak bunga pasar.

Pelunasan KPR sebelum waktunya
Kebebasan melakukan pelunasan sebelum waktunya itu penting, karena mungkin Anda harus melakukan take over ke bank lain. Take over dilakukan, misalnya saat mencari bunga yang lebih murah atau saat nasabah ingin menjual rumah tersebut ke orang lain yang ingin sekaligus melanjutkan pinjamannya. Yang perlu dilihat adalah berapa biaya penalti yang dikenakan jika melakukan pelunasan dipercepat.

Biaya KPR
Biaya KPR mencakup biaya penilaian, biaya notaris, akta jual beli PPAT, akta perjanjian kredit, akta pemasangan hak tanggungan, premi asuransi kebakaran, premi asuransi jiwa kredit dan lainnya. Biaya KPR ini penting diperhatikan karena jumlahnya tidak sedikit. Selain itu, calon nasabah harus membayarnya dimuka sehingga diperlukan persiapan dana.

Syarat kredit dan dokumen
Umumnya sebelum mengajukan KPR, Anda harus mempersiapkan uang muka sejumlah 30 persen dari harga jual beli rumah dan dokumen penting yang menyangkut sumber pembiayaan dan kepemilikan properti yang akan dibeli. (as/motherandbaby.co.id)

BACA JUGA

KataWarta.COM