AYOPRENEUR.COM

Drone Pesawat Kertas Permudah Kebutuhan Medis di Daerah Konflik

20 Feb 2017 Hits : 1,142

Berkat perkembangan teknolgi, pesawat kertas yang dulu hanya menjadi mainan anak-anak kini bisa menyelamatkan nyawa manusia.

Sebuah riset teknologi yang berbasis di San Fracisco, AS, Otherlab, menciptakan sebuah drone pesawat kertas mutakhir di dunia. Bentuknya sendiri mirip dengan jet tempur tanpa pengemudi dan hanya mampu menampung beban ringan kurang dari satu kilogram.

Drone pesawat kertas ini mampu memuat tabung kecil, baterai, vaksin, darah, serta benda cair medis lainnya yang harus dikirimkan ke daerah yang sulit dijangkau.

Proyek tersebut merupakan bagian dari sistem Aerial Platform Supporting Autonomous Actions (APSARA) yang digagas oleh Otherlab sendiri, yang mana menggunakan desain yang sudah dikomputerisasi untuk membuat perangkat aerial dengan biaya yang rendah.

Pesawat kertas ini terbuat dari material yang disebut mycelium, yang mana didesain untuk kebutuhan aerodinamis serta mampu hancur hanya dalam hitungan hari.

"Kami mendesain pesawat ini untuk digunakan di area dimana infrasuktur yang ada sangat sulit mendapatkan benda-benda penting tersebut--darah, peralatan medis, dan lain sebagainya--sebagaimana diperlukan," jelas Mikell Taylor selaku ketua proyek ini.

"Kami menawarkan desain pesawat kertas ini karena terlihat paling efisien," tambahnya.

Untuk cara kerjanya sendiri, pesawat kertas tersebut "dibawa" mengudara terlebih dulu oleh pesawat biasa, yang kemudian dijatuhkan pada lokasi yang telah direncanakan.

Dengan menghitung faktor kencangnya angin dan data lainnya, pesawat kertas tersebut dijatuhkan dengan gerakan spiral dan mengenai lokasi GPS dengan radius 33 kaki.

Saat paket tersebut dibuka, materi kertas di pesawat tadi akan lenyap berkat rangkanya yang  terbuat dari materi mycelium. Hal ini untuk memastikan daerah yang dituju tidak akan kotor karena sampah kertas. (mashable/fb)

KataWarta.COM