AYOPRENEUR.COM

Lima Judul Buku yang Wajib Dibaca Para Entrepreneur

13 May 2016 Hits : 2,142

Saat entrepreneur dan investor terkemuka dalam acara Shark Tank, Daymond John, berada di sekolah dasar di Queens, New York, ia harus membaca buku-buku 4 kali untuk mengingat apa yang diajarkan.

Kini di usia 46 tahun, ia mengatakan ia masih harus membaca ulang sesuatu untuk beberapa kali untuk benar-benar menyerap informasi.

John tidak biasa membaca buku berulang kali karena terlalu sibuk atau susah fokus. Semua itu karena ia menderita disleksia, sesuatu yang ia baru sadari saat dewasa.

Meski demikian, ia memaksa diri untuk membaca secara teratur. Dan inilah buku-buku yang ia biasa baca, dan rekomendasikan pada entrepreneur lain untuk dibaca dan diamalkan.

1. Rich Dad, Poor Dad: What the Rich Teach Their Kids About Money That the Poor and Middle Class Do Not! Oleh Robert Kiyosaki

Dalam buku klasik bertema melek keuangan itu, entrepreneur Robert Kiyosaki berbagi mengenai cara ia menggunakan pelajaran dari dua ayahnya yang miskin dan ayah temannya yang kaya raya mengenai cara berpikir tentang uang dan membangun kekayaan.

 2. Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant oleh W. Chan Kim dan Renee Mauborgne

Para penulis teori bisnis buku laris berbasis data ini menjelaskan pendekatan sistematis inovatif untuk mengatasi persaingan tanpa harus bersaing dengan mereka. Menggunakan studi akademis nan komprehensif yang berdurasi puluhan tahun sebagai dasarnya, bukunya berisi penjelasan bernas mengenai identifikasi "blue ocean", peluang baru di pasar yang menjanjikan banyak kemajuan.

3. Think and Grow Rich oleh Napoleon Hill

Pertama kali terbit di tahun 1937, buku klasik Hill ini adalah hasil riset dan wawancara selama 20 tahun. Wawancara itu dilakukan dengan lebih dari 40 orang miliuner tersohor. Buku ini dipenuhi dengan rahasia sukses orang-orang kaya seperti Andrew Carnegie, Henry Ford dan sebagainya.

4. Life Is a Series of Presentations: Eight Ways to Inspire, Inform, and Influence Anyone, Anywhere, Anytime oleh Tony Jeary

Pakar strategi presentasi dan pelatih veteran Tony Jeary mengajarkan pada banyak eksekutif di perusahaan-perusahaan besar dunia mengenai cara menyampaikan pidato yang persuasif dan memukau.

5. Who Moved My Cheese? An Amazing Way to Deal With Change in Your Work and in Your Life oleh Spencer Johnson

Konsultan manajemen Spencer Johnson menuangkan parabel sederhana tetapi jitu dalam bukunya untuk memberikan pelajaran berharga bagi entrepreneur seperti Anda. Caranya mengajarkan hikmah tadi sungguh menarik karena disampaikan dalam bentuk kisah dan karakter-karakter unik yang berkembang menantang perubahan, suatu hal yang familiar di dunia bisnis modern. (bn)

KataWarta.COM