AYOPRENEUR.COM

Sembilan Miliarder Ini Beri 90 Persen Harta Untuk Beramal

30 Apr 2016 Hits : 3,318

Banyak dari para miliarder dunia yang menyisihkan sedikit uang mereka untuk beramal. Namun tidak banyak dari mereka yang berencana untuk memberikan sebagian besar harta yang dimilikinya untuk beramal.

Melansir dari Entrepreneur.com dan Okezone.com, setidaknya ada sembilan miliarder dunia yang sudah berencana akan memberikan hampir seluruh uangnya untuk beramal.

1. Paul Allen

Menurut penelitian dari Wealth-X, Co Founder Microsoft Paul Allen, hingga saat ini telah menyumbangkan hartanya sebesar USD2 miliar untuk beramal. Termasuk sumbangan sebesar USD100 juta pada tahun lalu untuk memerangi virus Ebola di Afrika Barat.

Paul juga diketahui telah bergabung dengan The Giving Pledge pada 2010. Dimana dia berjanji akan fokus beramal dalam bidang ilmu penelitian. Oleh karena itu Paul mendirikan Allen Institute fo Brain Science, dimana sebuah sekolah tinggi yang fokus mempelajari penyebab genetik dari berbagai penyakit otak dan gangguan saraf.

2. Manoj Bhargava

CEO Sekaligus Founder 5-Hour Energy Manoj Bhargava diketahui telah berjanji untuk memberikan 90 persen lebih dari total kekayaannya untuk beramal. Banyak dari filantropinya yang bertujuan untuk meringankan seluruh penderitaan manusia di dunia.

Manoj juga telah mendirikan yayasan yang telah mengerjakan lebih dari 400 proyek kemanusiaan hingga saat ini. Termasuk di antaranya memperbaiki sekolah dan rumah sakit di dunia. Selain itu yayasannya juga telah membantu untuk memajukan pendidikan dan karier bagi kaum perempuan di India

3. Sara Blakly

Pendiri Spanx Sara Blakely telah bergabung dengan The Giving Pledge untuk memperbaiki dunia khususnya untuk para wanita. Usahanya tersebut dimulai Sara dengan membuat sebuah program yang disebut Leg-UP. Dimana dengan program tersebut para pengusaha wanita memiliki kesempatan untuk memajang produknya secara gratis di katalog Spanx

Sara juga sering membantu para wanita yang memiliki kendala dalam keuangan untuk menyelesaikan pendidikannya. Dia juga diketahui menyumbang USD1 juta kepada Leadership Academy Oprah untuk membantu anak perempuan di Afrika Selatan.

4. Warren Buffett

CEO Berkshire Hathaway Warren Buffett merupakan pria yang sudah tidak asing lagi dalam hal kegiatan amal. Bersama dengan Bill dan Melinda Gates, Warren mendirikan The Giving Pledge, sebuah kampanye yang mendorong orang-orang kaya di dunia untuk beramal.

Menurut penelitan Wealth-X, total uang yang telah dikeluarkan Warrent untuk beramal hingga saat ini sudah sebesar USD21,2 miliar. Dia juga berjanji akan memberikan 99 persen dari total kekayaannya untuk diamalkan ketika dirinya meninggal.

5. Patrice and Precious Motsepe

Founder perusahaan tambang African Rainbow Minerals dan South Africa's first Patrice Motsepe bersama istrinya Precious dikenal sangat aktif dalam kegiatan sosial untuk menghilangkan kesenjangan sosial atau disparitas di Afrika Selatan.

Sepasang suami istri ini sering membantu masyarakat Afrika Selatan yang kurang mampu agar bisa menjadi mandiri. Pada 1999 pasangan ini menghabiskan setidaknya setengah dari total kekayaannya guna mendirikan Motsepe Foundation. Yayasan tersebut fokus dalam hal menciptakan lapangan kerja baru, pendidikan, dan membantu orang-orang cacat.

6. Richard Branson

Founder Virgin Group Richard Branson juga merupakan salah satu miliarder yang cukup terkenal dalam kegiatan sosial. Pria ini mendirikan lembaga non profit Virgin Unite untuk fokus dalam penyelesaian berbagai permasalahan seperti mengurangi emisi karbon, melindungi lingkungan dan resolusi konflik. Richard bersama istrinya bergabung dengan the Givin Pledge pada 2013 silam.

7. Bill dan Melinda Gates

Founder Microsoft Bill Gates dan istrinya merupakan salah satu pendiri The Giving Pledge, sebuah kampanye yang mendorong orang-orang kaya di dunia untuk beramal. Menurut Wealth-X pasangan ini telah menyumbangkan hartanya paling banyak dibandingkan seluruh manusia yang ada di bumi, yakni sebesar USD27 miliar.

Melalui yayasan yang dimilikinya, Gates Foundation, pasangan ini fokus membantu permasalahan yang ada di seluruh dunia yakni dengan mendukung pembangunan di sektor pertanian, bantuan darurat, kemiskinan perkotaan, kesehatan global, dan pendidikan.

8. Azim Premji

Azim Premji merupakan pria yang dikenal menjabat sebagai Direktur Utama Wipro sebuah perusahaan konsultan dan IT. Selain itu pria ini juga dikenal dari yayasan yang didirikannya sendiri dengan nama Azim Premji Foundation.

Melalui yayasannya tersebut, Azim juga mendirikan Azim Premji University, sebuah perguruan tinggi yang mendidik para guru dalam bidang komputer secara gratis. Pria ini juga bergabung dengan the Giving Pledge pada 2013 dan menyumbangkan 8,7 persen sahamnya di Wipro senilai USD 2 miliar untuk mendirikan yayasannya tersebut. Menurut Wealth-X hingga saat ini total kekayaannya yang sudah disumbangkan sebesar USD8 miliar

9. Mark Zuckerberg

Founder sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg merupakan pemuda yang dikenal telah menghasilkan miliaran dolar dari media sosial yang diciptakannya. Namun selain itu Mark juga dikenal dengan kedermawanannya.

Mark merupakan orang pertama yang bergabung dengan th Giving Pledge pada 2010 silam. Tahun lalu, bersama dengan istrinya Priscilla, mereka menyumbang USD25 juta ke CDC Foundation untuk melawan penyebaran virus Ebola. Mereka juga mendorong pengguna Facebook untuk melakukan hal yang sama.

Mark bersama istrinya juga memberikan USD75 juta untuk Silicon Valley Community Foundation guna mendirikan Rumah Sakit Umum San Francisco. Total uang yang mereka keluarkan untuk beramal sekitar USD1,6 miliar. (bn)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM