AYOPRENEUR.COM

Pasangan Miliarder Sumbang 100 Juta Dollar AS Dalam Bentuk Beasiswa Belajar

13 Nov 2015 Hits : 757

Tak hanya pemerintah di suatu negara, para miliarder di berbagai pelosok dunia juga ternyata memiliki perhatian yang besar pada bidang pendidikan.

Sebut saja, pasangan miliarder asal China, Pan Shiyi dan Zhang Xin yang berencana menyumbangkan hartanya sebesar US$ 100 juta atau Rp 1,16 triliun (kurs: Rp 11.615/US$) dalam bentuk beasiswa belajar ke luar negeri.

Mengutip laman Forbes, pengusaha properti global itu memberikan sumbangannya di bawah SOHO China Foundation guna membantu para siswa China untuk mendapatkan pendidikan di sejumlah universitas ternama dunia.

Selama ini, pasangan pengusaha properti itu memang terkenal sangat loyal dan dermawan di bidang pendidikan. Keduanya baru saja menandatangani kesepakatan kerjasama pemberian beasiswa dengan Presiden Harvard University Drew Faust.

Dalam kerjasamanya di sekolah tersebut, Pan dan Zhang menyumbangkan dana sekitar US$ 15 juta bertajuk `SOHO China Scholarships`.

Pasangan suami istri tersebut merupakan pimpinan dan CEO perusahaan pengembang properti SOHO China yang berbasis di Beijing. Keduanya merupakan pengusaha yang kisah bisnisnya dimulai dari nol bahkan Zhang pernah menjadi buruh pabrik di usianya yang masih remaja.

Pasangan tersebut menempati peringkat 408 sebagai salah satu miliarder terkaya dalam daftar yang dirilis Forbes. Bahkan Zhang termasuk ke dalam salah satu anggota `Heroes of Philanthropy` Forbes Asia tahun lalu.

Sementara SOHO China Foundation yang didirikannya telah mendanai sejumlah program pendidikan di China. Sebagai perusahaan properti, SOHO sangat terkenal di berbagai negara karena desainnya yang unik dan elegan. (bn)

KataWarta.COM