AYOPRENEUR.COM

Setelah Sukses Berbisnis Karaoke, Rossa Kembangkan Bisnis Parfum

08 Mar 2017 Hits : 753


Rossa menambah panjang daftar usahanya. Setelah karaoke, mode, properti, penyanyi bernama lengkap Sri Rossa Roslaina Handayani ini tiga bulan lalu masuk ke bisnis parfum dengan bendera Rossa Eau de Parfum.

Perempuan yang 9 Oktober lalu genap berusia 38 tahun ini merilis tiga varian minyak wangi, masing-masing dengan tajuk My Love, My Life, My Music. Namanya diambil dari album terakhir Rossa berjudul Love, Life, Music. "Aku pilih yang benar-benar mewakili diri aku," kata pelantun Tegar ini.

Rossa terjun ke bisnis parfum lantaran dirinya memang senang dengan wewangian. Dan, orang sering bertanya soal parfum yang ia pakai.

Kemudian orang itu ikut menggunakan minyak wangi tersebut. "Jadi, aku pikir aku punya keahlian untuk memilih parfum yang enak. Ya, sudah aku mendingin bikin parfum sendiri saja," ujar penyanyi yang sudah menelurkan 13 album solo dan laku lebih dari lima juta kopi ini.

Untuk memproduksi parfum, Rossa menggandeng perusahaan minyak wangi, PT Victoria Care Indonesia yang berbasis di Semarang, Jawa Tengah. Butuh waktu satu tahun buat wanita berdarah Sunda ini mengembangkan parfumnya, mulai memilih wangi hingga desain kemasan parfum yang tepat.

Tentu, Rossa terlibat langsung dalam proses tersebut. "Aku yang kasih arahan, aku mau parfumnya seperti ini. Aku dulu bisa satu hari nyiumin essential oil (minyak esensial) untuk parfum selama tiga jam," ungkapnya seperti dilansir Kontan.co.id.

Dan, daftar bisnis Rossa bakal makin panjang lagi. Ibu satu anak ini berencana membuka bisnis baru tahun depan.

Tapi, dia masih merahasiakan sektor yang akan digelutinya. "Pokoknya, pasti keren," janji mentor X-Factor Indonesia, ajang pencarian bakat, ini.

Yang jelas, Rossa masuk ke bisnis yang produknya bisa dinikmati banyak orang dan masih berkaitan dengan dunia hiburan alias entertainment. Misalnya, usaha karaoke keluarga, busana, dan parfum.

Tentu, kualitas yang utama dan jadi andalan dari setiap produknya. "Aku enggak mau cuma jualan nama," tegas dia.

Hanya, ekonomi Indonesia yang sedang lesu tahun ini berdampak juga ke seluruh bisnis Rossa. Tapi, ia mengungkapkan, efeknya tidak terlalu besar.

Ekspansi usahanya tetap jalan terus. Diva Family Karaoke, misalnya, saat ini jumlah gerainya lebih dari 50 outlet. Bisnis parfumnya juga merambah ke Singapura dan Malaysia.

Meski begitu, Rossa berharap, tahun depan perekonomian dalam negeri membaik, sehingga daya beli masyarakat juga bagus. "Kalau semua bagus, pemerintahan juga jalannya mulus, mudah-mudahan daya beli masyarakat akan menguat," imbuh Rossa.

Terlebih, Rossa sangat mengharapkan, daya beli masyarakat di sektor properti menguat lagi. Maklum, ia punya bisnis jual beli rumah, selain menyewakan vila di Bali.

"Suku bunga bank, kan, dalam tren penurunan,  jadi mudah-mudahan dengan begitu properti bisa bergulir lagi dengan baik," ujarnya.

Rossa sendiri mulai menekuni bisnis properti sejak lima tahun lalu. Dan, ia tidak main-main dengan bisnis ini. Harapannya adalah kelak bisa punya gedung dan hotel.

Dengan ekonomi dan daya beli yang membaik, Rossa bilang, peluang bisnis tahun depan bakal lebih bagus.

Untuk tantangan di 2017, yang paling berat adalah bisnis parfumnya. Soalnya, bisnis parfum masih baru dan dia juga masih meraba-raba usaha ini.

Tantangan lainnya, mencari agen penjual atawa reseller untuk memasarkan produknya yang seharga Rp 349.000 per botol ke seluruh penjuru negeri. "Yang juga jadi tantangan adalah mempertahankan kualitas dari parfum," ucap dia.

Untuk itu, Rossa bakal fokus di promosi. Dan, ia merasa beruntung sekali karena jadi host A Night To Remember di TransTV, sehingga bisa mempromosikan parfumnya. "Bagaimana pun, sekarang promosi penting banget," katanya. (as)

KataWarta.COM