AYOPRENEUR.COM

Para Seleb Luar Negeri yang Gagal dalam Berbisnis

05 Dec 2016 Hits : 995

 

Sukses sebagai pekerja seni, beberapa selebriti Hollywood juga sukses merambah dunia entrepreneur. Sebut saja nama Victoria Beckham yang malang-melintang di dunia fashion lewat label premium Victoria Beckham miliknya. Ada lagi kiprah musisi Dr. Dre yang sukses dengan perangkat Beats Electronics.

Tapi, ada banyak juga seleb luar negeri yang gagal saat mencoba peruntungan di dunia bisnis. Mulai dari artis yang benar-benar membentuk bisnis independen sampai mereka yang didapuk sebagai brand ambassador dari merek-merek terkenal.

Berikut beberapa artis Hollywood dengan bisnis yang justru kurang sukses:

1. Supermodel Era 90-an
Restoran Fashion Cafe digagas oleh para supermodel top era 90-an seperti Christy Turlington, Claudia Schiffer, Elle Macpherson, dan Naomi Campbell di tahun 1995. Investor utama restoran ini, Tommaso dan Fracesco Buti, dituduh melakukan penipuan dan pencucian uang. Tiga tahun setelah berdiri, tepatnya pada 1998, Fashion Cafe ditutup, bahkan lokasinya yang berada di London, Inggris tidak pernah dibuka.

2. Arnold Schwarzenegger, Bruce Willis, Sylvester Stallone, dan Demi Moore
Bintang-bintang film action era 80-90-an ini pernah merintih usaha restoran Planet Hollywood. Mereka berambisi untuk menjadikan Planet Hollywood sebagai Hard Rock Cafe selanjutnya dengan terburu-buru mengekspansi restoran ini ke dalam 100 lokasi yang tersebar di seluruh dunia. Sayangnya, usaha ini malah membuat perusahaan kehilangan uang. Sampai saat ini, hanya ada enam Planet Hollywood yang tersisa. Bahkan, Arnold Schwarzenegger telah menjual semua saham miliknya yang ada di Planet Hollywood.

3. Nicky Hilton
Salah satu pewaris Hotel Hitlton ini justru gagal saat hendak memasuki bisnis perhotelan. Di tahun 2007, Nicky-O Hotel yang di gagas oleh Nicky Hilton dinyatakan bangkrut, bahkan sebelum hotel tersebut dibangun.

4. Kanye West
Sekarang, rapper Kanye West juga dikenal sebagai seorang desainer. Tapi tahukah Anda, di tahun 2009 dulu ia pernah gagal saat akan meluncurkan koleksi pakaian yang ia beri nama Pastelle. Dua hari setelah preview foto koleksi pakaian tersebut beredar di internet, langsung diumumkan kalau koleksi tersebut dibatalkan.

5. Natalie Portman
Aktris Natalie Portman dikenal sebagai pecinta binatang, bahkan ia hanya mengenakan pakaian dan sepatu yang sama sekali tidak mengandung binatang. Kemudian ia mendemonstrasikan dukungannya pada hak-hak binatang dengan menggandeng desainer Te Casan untuk membuat koleksi sepatu yang vegan-friendly. Usahanya tersebut digagas di tahun 2008, tapi karena penjualan yang gagal menyebabkan perusahaan gulung tikar, usaha tersebut berhenti di tahun yang sama dan meninggalkan sang aktris tanpa rekan bisnis. (berbagai sumber/fb)

KataWarta.COM