AYOPRENEUR.COM

Takano Nursery, Lembaga Pendidikan di Jepang Yang Mengedepankan Penghijauan

18 Jun 2015 Hits : 996

Sebuah taman kanak-kanak (TK) bernama Takano Nursery di Kobe, Jepang, dirancang dengan mengedepankan penghijauan. Perancang juga memperkenalkan konsep baru pada sebuah taman kanak-kanak, yakni ruang bermain dengan struktur bangunan yang mudah dijangkau oleh anak.

Suga Architects perancang TK Takano mengungkapkan, Takano Nursery dibuat dengan standar lingkungan terkini yang berprinsip pada penghijauan. Bangunan ini terdiri atas dua lantai dengan dinding yang dilapisi kayu hangat.

Sisi lain bangunan diisi dengan kaca besar yang mampu menyerap sinar matahari ke dalam area bangunan. Konsep ini mampu menghemat daya listrik saat siang hari.

Lantai dasar dalam bangunan, terdapat aula besar yang berfungsi untuk beragam kegiatan atau acara. Sementara itu, lantai dua hanya khusus diisi ruang kelas.

Takano Nursery

Bagian halaman pada lantai dasar, terdapat area bermain bagi anak-anak. Tak hanya sekadar area bermain, rumput hijau tipis melengkapi area dasar atau tanah. Sementara bagian atas bangunan, terdapat atap yang menurun dan bisa dilewati. Area ini juga dilapisi dengan lantai rumput hijau tipis.

Konsep yang dirancang Suga Architects ingin memberikan ruang kebebasan bagi anak dengan memanfaatkan semua area bangunan. Sehingga, anak bisa menjangkau serta mengeksplorasi semua sudut ruangan dan tidak terbatas ruang geraknya.

"Mereka bisa bermain diatap, melihat jalan dibawah dan menikmati alam bebas, kata Suga Architects seperti dikutip dari laman inhabitat. (bn)

KataWarta.COM