AYOPRENEUR.COM

Tips Kelola Bisnis Rumahan Bagi Para Ibu Rumah Tangga

21 Dec 2016 Hits : 951

Dewasa ini, banyak kaum wanita yang telah menuai sukses di dunia kerja, bahkan banyak juga yang kariernya melesat jauh dibandingkan dengan kaum pria.

Namun, banyak di antara kaum wanita yang meninggalkan karier saat mereka menikah dan memiliki anak.

Bagi mereka yang sudah terbiasa dengan bekerja serta ingin membantu kondisi perekonomian keluarga, bisnis rumahan bisa menjadi pilihan yang tepat.

Ada banyak usaha sampingan yang bisa dijalankan. Kaum wanita bisa memilih jenis usaha yang dikuasai atau disukai. Selain itu sesuai juga bisnis dengan modal yang dimiliki.

Berikut beberapa tips bagi para ibu rumah tangga yang ingin menjadi pengusaha rumahan:

1. Komunikasi dengan Keluarga
Kendala terbesar seorang ibu yang merangkap menjalankan usaha adalah minimnya waktu. Saat awal menjalani bisnis kebanyakan para ibu sulit  mengatur waktu antara menjalankan usaha dengan mengurus anak. Pintar-pintarlah memberikan pengertian dan mengkomunikasikan kepada buah hati apa yang sedang Anda kerjakan. Walaupun dia masih kecil lambat laun anak bisa memahami apa yang dilakukan ibunya. Selain terbuka kepada anak, Anda juga harus terbuka apa yang menjadi kendala dan kesulitan. Komunikasikan apa yang sedang Anda kerjakan. Dengan demikian, diharapkan semua hambatan dan masalah dapat dicari solusi bersama-sama.

2. Manajeman Waktu yang Baik dan Berkualitas
Jika Anda berpikir seorang ibu yang menjalankan usaha sekaligus menjadi ibu merupakan hal yang mudah, itu tidaklah benar. Seorang ibu tidak hanya membereskan, membuatkan makanan saja namun juga mengatur semua urusan yang berhubungan dengan rumah lalu ditambah menjalankan usaha. Seorang ibu yang menjalankan usaha (mompreneur) harus pandai mengalokasikan waktu untuk mengelola usahanya dan harus pandai membagi waktu antara bisnis dan keluarga. Usahakan untuk memasukkan unsur aktifitas anak saat Anda menjalankan usaha. Misalnya Anak-anak bisa menikmati waktu bermainnya disamping Anda yang sedang memantau usaha. Agar anak tidak mudah bosan Anda harus memiliki cara agar anak tidak merasa dirinya tidak diperhatikan.

3. Manajeman Keuangan yang Tertata
Manajemen keluarga umumnya diatur oleh ibu. Setelah menjalankan usaha maka ada ada dua manjemen keuangan. Agar tidak tercampur pintar-pintarlah mengatur uang keluar masuk keuangan keluarga dan uang keluar masuk dari usaha.

4. Jalani dengan Rasa Senang dan Bahagia
Segala sesuatu yang dijalankan terpaksa hasilnya sudah tentu tidak maksimal. Kadang ada waktu apa yang Anda jalani tidak berjalan lancar, usahakan untuk tetap semangat, konsisten dan tetap menjalaninya dengan bahagia. (bogoronline/fb)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM