AYOPRENEUR.COM

Taktik Sukses Bernegosiasi

13 Jan 2017 Hits : 873

Mendapatkan semua keinginan kita adalah hal yang menyenangkan. Tak terkecuali bagi seorang entrepreneur. Entrepreneur adalah seseorang yang kehidupannya penuh dengan negosiasi.

Dalam negosiasi, entrepreneur pada dasarnya ingin agar pihak lain yang ia ajak berunding sepakat untuk melakukan permintaaannya. Tetapi tak jarang entrepreneur pemula memiliki posisi tawar yang sangat rendah karena kurangnya pengalaman dan wawasan.

Saat teknik pembujukan terang-terangan sudah tak berhasil, tidak ada salahnya Anda mencoba taktik yang lebih halus dan tersamar ini seperti yang dikemukakan oleh Peter Bregman.

1. Berbicara lebih sedikit, mendengar lebih banyak
Kolega-kolega Anda berpeluang lebih kecil untuk menolak saat Anda sudah mengakui kepentingan dan kebutuhan mereka. Dengarkan kecemasan mereka dan pastikan solusi milik Anda diakui oleh mereka.

2. Buat mereka menyukai Anda
Sukar untuk mengatakan tidak kepada seseorang yang Anda sukai. Kita cenderung untuk menyukai orang yang memiliki latar belakang dan minat yang sama dengan kita, jadi pergunakanlah kesamaan yang Anda dapati dalam diri Anda dan diri mereka. Pujian dan sanjungan bisa juga bekerja efektif. Jangan ragu untuk melontarkan pujian jika kolega Anda melakukan pekerjaan dengan baik.

3. Berikan bantuan
Lakukan sesuatu yang bermanfaat untuk seseorang demi membantunya memecahkan masalahnya memberikan Anda pengaruh positif. Setiap orang memahami kebutuhan untuk membayar kembali apa yang orang lain telah berikan kepada mereka.(vaa)

KataWarta.COM