AYOPRENEUR.COM

Kiat Sukses Tingkatkan Omzet Bisnis Bagi Solopreneur

27 Dec 2016 Hits : 1,009

Umumnya, pada awal-awal usaha atau pada masa perintisan, bisnis rumahan berskala kecil dikelola oleh pelaku tunggal atau bisa disebut dengan solopreneur. Karena hanya di-maintain oleh satu orang, banyak yang sangsi akan keberhasilan bisnis tersebut di masa mendatang.

Anggapan itu tentu saja salah. Meski hanya dikelola oleh satu orang tanpa bantuan karyawan serta berlokasi di rumah tanpa ada gedung atau ruko sewaan, bisnis itu tetap potensial meraup untung besar bila si pelaku memanfaatkan daya kreatifitasnya secara maksimal.

Berikut adalah tujuh kiat meningkatkan omzet bisnis rumahan yang dikelola oleh solopreneur seperti yang dilansir dari situs Entrepreneur.com.

1. Memanfaatkan teknologi
Dengan bantuan newsletter dan beberapa sosial media yang kini sedang booming serta blog, solopreneur bisa menggaet konsumen sebanyak yang diinginkan. Kehadiran video conference juga dapat membantu meningkatkan kredibilitas bisnis rumahan.

2. Outsource
Saat ini, begitu banyak outsourcing yang muncul dengan menawarkan jasa berbiaya murah. Anda bisa mendelegasikan sebagian kecil tugas atau pekerjaan kepada mereka. Seperti penyusunan pembukuan misalnya. Anda cukup meminta bantuan akuntan yang bisa dipercaya untuk melakukan penyusunan pembukuan tersebut.

3. Jeli akan peluang
Kejelian dalam melihat peluang sangat mutlat bagi solopreneur. Karena hanya sendiri dalam mengelola bisnisnya, solopreneur dituntut untuk bisa multitasking, mulai dari menciptakan strategi pemasaran, merancang business plan, me-manage konsumen hingga melihat segala macam peluang yang bisa dijajaki demi meningkatkan omzet.

4. Memperlakukan bisnis selayaknya bisnis
Jangan memperlakukan bisnis yang sedang Anda tangani sebagai usaha sampingan semata. Tapi, kelolalah secara profesional. Susunlah segala macam dokumen yang berkaitan dengan bisnis Anda itu secara sistematika. Cara-cara itu bisa membuat bisnis Anda tampak profesional di mata konsumen sehingga menambah kepercayaan serta loyalitas konsumen.

5. Lakukan investasi
Benar adanya bahwa melakukan bisnis rumahan secara tunggal bisa menekan pengeluaran semaksimal mungkin. Meski demikian, investasi tetap dibutuhkan untuk modal ekspansi usaha.

6. Jangan melupakan tujuan Berbisnis
Apa sebenarnya tujuan Anda berbisnis? Apakah hanya sekadar menambah penghasilan keluarga atau ingin menciptakan kerajaan bisnis yang bisa dinikmati anak serta cucu kelak? Ada baiknya, solopreneur juga mengetahui dengan baik, visi serta misinya dalam berbisnis. Buatlah business plan untuk membuat Anda tetap fokus menjalani bisnis dan seiring perkembangan bisnis tersebut, buatlah business plan yang lebih update.

7. Jalin relasi dengan klien
Walau lebih banyak menghabiskan waktu di rumah dalam mengelola roda bisnis, tapi perlu diingat bahwa menjalin relasi dengan klien atau konsumen bagi solopreneur juga sangat penting. Membangun networking adalah salah satu hal wajib yang harus dilakukan oleh semua entrepreneur. Networking bisa memperluas wawasan, bisnis serta kolega yang dibutuhkan solopreneur dalam mengembangkan bisnisnya.(vaa)

KataWarta.COM