AYOPRENEUR.COM

Inilah Cara Efektif Memantau Pergerakan Pesaing Anda

04 Jan 2017 Hits : 1,109

Apakah para pesaing Anda dengan agresif menggeser posisi Anda di pasar? Mungkin itu karena Anda kurang mengikuti perkembangan yang terjadi. Akibatnya, Anda kurang tanggap dalam menghadapi maneuver pesaing dan akhirnya terperosok. Tak ada yang menginginkan ini terjadi pada bisnis mereka bukan?

Lalu apa yang bisa entrepreneur dan pemilik bisnis lakukan untuk selalu unggul dalam persaingan? Secara umum, disarankan untuk selalu mengetahui dna mempelajari gerak-gerik pesaing bisnis, dan yang paling penting rencana dan strategi bisnis apa yang akan mereka terapkan. Ini karena jika Anda tak mengetahui pesaing dengan baik, Anda akan kesulitan dalam menempatkan diri di pasar dan menjadi berbeda dan lebih baik dari pesaing yang sudah ada dan mapan. Simak tips dari Mike Lieberman dan Eric Keiles berikut ini agar Anda tak lagi ketinggalan dari para pesaing:

Periksa situs mereka seminggu sekali
Setidaknya seminggu sekali Anda perlu mengunjungi dan membaca dengan cermat berita apa yang muncul dalam situs bisnis pesaing Anda. Mayoritas entrepreneur di abad digital seperti sekarang telah melek Internet sehingga mereka juga akan memperbarui konten dalam situsnya secara berkala agar konsumen juga terus berdatangan. Situs juga sering menjadi tempat awal kegiatan bisnis terjadi. Dengan mengamati situs pesaing, Anda dapat menemukan produk dan layanan terbaru mereka, atau pengumuman yang mereka rilis untuk para pelanggan. Itu semua penting untuk diketahui.

Jangan lupa mendaftar newsletter via email
Sebagian besar perusahaan memiliki newsletter yang dikirimkan via email kepada para klien dan calon konsumen. Dengan alamat email gratisyang bisa didapatkan sekarang, Anda tak akan terlalu sukar mendaftar newsletter di situs pesaing dan mengetahui pembaharuan terkini tentang bisnis dan perusahaan mereka di kotak masuk surat elektronik Anda.

Ikuti mereka di jejaring sosial
Jejaring sosial menjadi arena berikutnya tempat Anda bisa mengintai pesaing dengan sangat mudah. Di arena terbuka ini, hamper semua perusahaan memiliki akunnya sendiri dan bisa diakses secara bebas dan jika Anda hendak mengetahui apa yang para pesaing Anda katakan selama berinteraksi di jejaring social , Anda bisa membaca update atau tweet mereka kapanpun di manapun.

Daftar di Google Alerts
Setiap hari Google memindai dunia maya untuk Anda dan email yang Anda perbarui yang berhubungan dengan kata kunci tertentu. Ini merupakann cara termudah untuk selalu bisa mengamati gerak-gerik pesaing Anda dan mengetahui apa yang orang katakan mengenai Anda dan perusahaan Anda. Anda juga bisa dengan mudah mengetahui apa yang sedang dibicarakan orang mengenai pesaing Anda.

Tanyalah para konsumen potensial
Sebagian orang merasa kurang nyaman untuk datang dan bertanya secara langsung tetapi konsumen potensial biasanya tak begitu segan memberikan Anda komentar mengenai pesaing. Ingat saja bahwa mereka mungkin membicarakan mengenai Anda juga sehingga pastikan bahwa tidak ada komentar atau ucapan negatif yang terlontar.

Ingatlah untuk mencoba dan mengamati pesaing dari sudut pandang konsumen. Misalnya jika pesaing Anda menjanjikan perbaikan dalam jangka waktu 24 jam dan Anda mengetahui bahwa sukar bagi mereka untuk mewujudkan janji itu tepat waktu, jangan remehkan fakta tersebut. Konsumen Anda tak mengetahui apa yang Anda lakukan dan mungkin akan tertarik pada aspek kecepatan layanan. Dalam pemasaran, jika seseorang mengatakan suatu janji, maka itu benar adanya, meski dalam benak si konsumen. (as)

KataWarta.COM