AYOPRENEUR.COM

Tos Chirathivat, Taipan Properti dari Thailand

20 Jun 2014 Hits : 1,487

Bisnis properti sepertinya saat ini menjadi bisnis andalan di Thailand. Bagaimana tidak, Tos Chirathivat, atau yang lebih dikenal sebagai Chirathivat Family, lewat bisnis ritel dan real estatnya mengantarkan ia dan keluarganya menjadi orang terkaya di Thailand versi Forbes. Melalui perusahaannya yang bernama Central Group, tak tanggung-tanggung, nilai kekayaan keluarga ini mencapai USD12,7 miliar USD atau Rp151 triliun.

Dikutip dari Okezone.com, Chirathivat Family telah memulai pembangunan pusat perbelanjaannya pertama di Thailand pada 1982. Bisnis retail keluarga ini mencakup sebuah mal terbesar dan termewah di kawasan super blok Phuket, Thailand, yaitu Embassy Mall. Mal yang dibangun pada 2010 lalu ini dulunya dibangun diatas gedung kedutaan Inggris. Selain mal, di kawasan super blok ini juga akan dibangun tiga gedung hotel, tiga mal, kondominium, serta ballroom.

Di internasional, Tos membuka tiga buah mal di China pada tahun 2010 dan 2011, tetapi hasilnya mengecewakan. Berlanjut ekspansi internasionalnya, Tos juga membuka sebuah mal lagi di Hanoi, Vietnam, dan di Ho Chi Minh pada Oktobernya. Ini merupakan mal pertamanya di Asia, di luar dari Thailand dan China.

"Kami telah berekspansi dengan cukup banyak di Vietnam. Bahkan sebuah mal akan di buka pada akhir tahun ini dan tahun depan. Dan kami berencana juga akan menjajah Malaysia dan Myanmar pada 2017," ucap Tos.

Sementara itu, di pasar Eropa, Tos mencoba peruntungan untuk membuka mal pertama kali di Kopenhagen, Denmark tahun lalu. Tiga tahun sebelumnya ia menghabiskan USD370 juta uangnya untuk membeli sebuah ritel mewah di Italia yang bernama La Rinascente. (as)

BACA JUGA

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM