AYOPRENEUR.COM

Sritex Raih Untung dari Ekspansi ke Produk Hulu

26 Jan 2016 Hits : 511

PT Sri Rejeki lsman Tbk (Sritex) melalui anak usaha perusahaan, PT Rayon Utama Makmur tengah ekspansi ke produk hulu yang memproduksi bahan baku untuk sektor tekstil dan produk tekstil (TPT) dengan mengembangkan pabrik rayon yang nantinya menghasilkan benang.

Saat ini proyek pembangunan pabrik rayon di Sukoharjo mencapai 85%. Ditargetkan mulai produksi pada Juli hingga Agustus mendatang.

Fasilitas produksi pabrik tersebut terdiri atas dua line dengan total kapasitas 80.000 ton per tahun. Perseroan merangsek ke sektor hulu dan memiki keinginan memperkuat kemandirian sandang nasional.

Pabrik rayon tersebut dilengkapi dengan pembangkit listrik tenaga uap berkapasitas 30 megawatt (MW). Sritex juga turut membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan di sekitar pabrik.

Proyeksi kapasitas pabrik baru tersebut mencapai 80.000 ton hingga 100.000 ton per tahun. Ini bakal berkontribusi pada pemerataan industri di luar Jawa dan meningkatkan kualitas SDM.

Total karyawan perusahaan dengan kode emiten SRIL mencapai 53.000 dan bakal bertambah seiring pengembangan usaha baik di lini garmen maupun rayon. Salah satunya adalah anak usaha Sritex, PT Jaya Perkasa yang bakal membutuhkan sekitar 7.000 tenaga kerja.

Sritex juga mendukung upaya pemerintah yang mendorong dan memberi kemudahan bagi industri yang menyerap tenaga kerja massal.

Ke depan Sritex berencana mengembangkan industri terintegrasi di Kalimantan. Perseroan akan membuka Hutan Tanaman Industri untuk memasok bahan baku ke pabrik pulp dan selanjutnya memproduksi rayon dan muaranya menghasilkan benang.

Sedangkan Kepala Riset PT NH Korindo Securities, Reza Priyambada mengatakan, masuknya emiten ini ke dalam indeks LQ45 pada tahun lalu merupakan bukti bahwa perusahaan tersebut sering diperdagangkan pelaku pasar.

“Untuk Sritex memang karena ada sentimen pemberitaan yang mendukung. Sehingga ketika ada anggapan bahwa saham tersebut digoreng, menurut saya hal itu memang karena ada momentum terkait aksi-aksi perseroan,” papar dia.

Reza menambahkan, dalam beberapa waktu belakangan, Sritex banyak sekali merilis pemberitaan yang mendorong perdagangan saham perseroan. Pemberitaan tersebut terkait pembangunan pabrik dan rencana penerbitan obligasi global.

“Pembangunan pabrik dan obligasi global menurut saya jadi salah satu sentimen yang cukup kuat,” ujar Reza. (as/imq)

BACA JUGA

KataWarta.COM