AYOPRENEUR.COM

Desain Tepat untuk Taman Mungil

01 Sep 2014 Hits : 3,345

Keberadaan taman bukan hanya berfungsi mempercantik tampilan rumah. Taman seharusnya juga menjadi penghilang stress bagi pemiliknya. Hal ini rupanya juga disadari oleh desainer taman, Kate Gould.

Seperti dikutip dalam Theguardian.com, fungsi taman bagi pemilik rumah merupakan hal pertama yang ditanyakan Gould pada kliennya.

Sebagian orang ingin taman mungilnya menjadi tempat bersantai di penghujung hari. Sebagian ingin menggunakan taman mungilnya untuk memasak, atau menyambut tamu. Sebagian lagi ingin tamannya menjadi tempat bermain anak-anak. Menurut Gould, apa pun fungsi taman yang diinginkan oleh kliennya, hal tersebut merupakan titik awal untuk mulai mendesain taman.

Setelah mengetahui fungsi taman, Gould akan menggunakan teknik yang sudah lama dia pelajari. Menurut sang desainer, dia pernah mendapat saran untuk menggunakan keramik berukuran besar di kamar mandi berukuran kecil. Keramik berukuran besar seolah menyatukan dinding dan lantai hingga membuat hasil akhir kamar mandi terasa menyatu dan tidak terkesan sempit. Hal ini bisa diterapkan di dalam taman.

Ukuran menentukan
"Saya pernah diberi tahu bahwa mantra desain untuk kamar mandi berukuran kecil adalah menggunakan keramik berukuran besar untuk menyatukan dinding dan lantai. Hal ini membuat efek akhirnya terasa tidak sempit. Etos yang sama bisa diterapkan di taman berukuran kecil. Pengaturan lahan besar-besar, batasan menyatu, pot, air mancur, dan hiasan taman sebanding dengan furnitur dan ukuran area lantai membuat taman lebih menarik dan terasa lebih luas," ujar Gould.

"Menyembunyikan" taman
Berbeda dari pendapat Gould, rupanya ada pendapat lain yang mengungkapkan bahwa salah satu cara membuat taman terasa lebih luas adalah membuatnya "tersembunyi". Desainer lanskap Louis Raymond mengataka, pemilik rumah bisa "menyembunyikan" tamannya untuk membuat taman seolah lebih luas. Menyembunyikan taman bisa dilakukan dengan menggunakan pagar. Selain itu, tanaman teh-tehan juga bisa Anda gunakan.

Sediakan garis
Di sisi lain, seperti dikutip dalam Dwell, pagar di taman dan jalan setapak vertikal juga bisa menyediakan perspektif dan membuat ruang terasa panjang.

"Anda tidak bisa melihat keseluruhan taman dari satu sudut pandang. Anda tidak yakin di mana (taman) berakhir, jadi taman terasa lebih besar dari sebenarnya," ujar Raymond.

Sediakan warna terang
Jadi, Anda bisa memulai dengan memastikan ukuran barang-barang di dalam taman berukuran "pas" atau "menyembunyikan" taman tersebut. Setelah itu, pilihlah tanaman yang tepat.

Menurut Raymond, jika Anda memilih lebih banyak tanaman daun ketimbang bunga-bungaan, taman lebih murah dirawat. Sementara itu, tanaman bunga sedikit-banyak punya andil membuat taman terasa lebih luas. Menurut Gould, warna-warna terang membuat taman terasa lebih luas. Hanya saja, warna terang lebih sulit dipelihara. (as/kompas.com)

BACA JUGA

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM