AYOPRENEUR.COM

Panasonic Corporation, Perusahaan Elektronik dari Osaka

10 Jan 2017 Hits : 1,497


Panasonic Corporation merupakan sebuah perusahaan elektronik multinasional yang berbasis di Osaka, Jepang. Perusahaan ini pertama kali didirikan sejak bulan Maret 1918 dan saat ini telah berkembang menjadi salah satu produsen elektronik terbesar di Jepang bersama dengan Sony, Toshiba, Sharp Corporation, dan Canon. Produk andalan Panasonic adalah televisi yang merupakan produsen terbesar keempat di dunia. Nama Panasonic Corporation sendiri mulai dipakai pada 1 Oktober 2008 yang sebelumnya bernama Matsushita Electric Industrial Co, Ltd sejak tahun 1935.

Pada awalnya perusahaan memulai usaha lampu dupleks yang ditekuni oleh Konosuke Matsushita. Sejak saat itu, dia kemudian mulai mengembangkan usaha dengan membuat lampu sepeda pertama yang dipasarkan dengan merek National. Selama Perang Dunia II perusahaan terus melakukan kegiatan operasional dengan menghasilkan komponen-komponen listrik dan peralatan seperti lampu dan setrika listrik. Produk tersebut diproduksi di pabrik-pabrik yang berada di Jepang. Hingga saat ini produk-produk Panasonic telah hadir di berbagai negara di dunia termasuk Indonesia melalui PT. Panasonic Electric Work Gobel Manufacturing Indonesia.

Setelah Perang Dunia II, Panasonic mulai meluncurkan radio dan sepeda beserta aksesoris-nya. Kakak ipar Matsushita yang bernama Toshio Iue mendirikan Sanyo yang merupakan sub-kontraktor untuk komponen setelah Perang Dunia II. Sanyo sempat menjadi pesaing Panasonic sebelum diakuisisi pada bulan Desember 2009. Panasonic kemudian mulai mengembangkan televisi set saat Matsusitha menjalin kerjasama dengan beberapa dealer Amerika Serikat dengan mengembangkan produk tersebut dengan merek Panasonic. Sejak  tahun 1961 televisi set Panasonic telah masuk dalam pasaran Amerika dan selanjutnya masuk dalam pasaran Eropa pada tahun 1979. Perusahaan sempat menggunakan merek National di luar Amerika Utara mulai dari tahun 1950 hingga tahun 1970-an yang telah menjual televisi dan radio yang sering diekspor ke Amerika Utara dengan berbagai merek AS. Selain itu perusahaan juga mulai mengembangkan peralatan rumah tangga seperti rice cooker untuk pasar Jepang dan negara-negara Asia lainnya. Dengan ini semakin meningkatkan pertumbuhan bagi perusahaan seiring dengan usaha pembukaan pabrik-pabrik di seluruh dunia.

Debut pertama Panasonic dalam pengembangan audio speaker dimulai pada tahun 1965 dengan merek Technic dengan menggunakan komponen stereo berkualitas tinggi yang disukai konsumen di dunia. Antara tahun 1970-an hingga 1980-an Panasonic terus memproduksi barang elektronik seperti radio gelombang pendek, pemutar CD dan komponen lainnya. Pada tahun 1973 Panasonic juga menjalin kerjasama dengan membentuk usaha patungan dengan Anam Group dengan membentuk Anam National. Panasonic tidak pernah berhenti untuk meluncurkan produk-produk terbarunya seperti pada tahun 1983, Panasonic meluncurkan Panasonic Senior Partner yang merupakan komputer buatan Jepang yang berlabel IBM PC. Selanjutnya Panasonic juga berhasil mengakuisisi perusahaan media berbasis di Amerika yakni MCA Inc. yang disepakati pada bulan November 1990. Anam National yang merupakan usaha patungan kemudian diputuskan untuk dijual ke  Anam Electronics pada tahun 1998.

Sejak tahun 2006 Panasonic mulai berkonsentrasi untuk memproduksi televisi digital dan meninggalkan televisi analog. Dalam perkembangan di tahun 2012, Panasonic telah menjalin kesepakatan dengan Myspace dengan usaha baru berupa Myspace TV. Myspace TV sendiri akan memungkinkan pengguna untuk menonton siaran langsung televisi disaat chatting dengan pengguna lain pada laptop, tablet atau televisi itu sendiri. Dengan kerjasama ini,  Myspace TV akan ter-integrasi ke dalam Panasonic Viera. Pada 11 Mei 2012, Panasonic mengumumkan rencana untuk mengakuisisi saham Firepro Systems yang merupakan perusahaan asal India yang bergerak dalam bidang perlindungan infrastruktur dan keamanan seperti alarm kebakaran, pemadam kebakaran, dan manajemen gedung. Beberapa produk Panasonic antara lain TV, DVD/Blu-ray Disc, Micro Audio System, Kamera Digital, Telepon, Fax, Pendingin Ruangan (AC), Kulkas, Mesin Cuci, Oven, dan beberapa varian produk lainnya. (as/wikipedia)

KataWarta.COM