AYOPRENEUR.COM

Ciputra: Inovasi Jadi Kunci untuk Menaikkan Derajat Bangsa

14 Sep 2016 Hits : 1,576

Sepuluh tahun terakhir, Indonesia menjadi negara yang entrepreneurship dan selama itu pula saya memutuskan untuk pensiun. Saya mulai berpikir, apa yang bisa saya berikan pada negara saya ini? Cara terbaiknya adalah dengan menyebarkan semangat entrepreneurship yang saya miliki untuk orang-orang lain.

Mungkin ada pertanyaan ini dalam benak Anda, "Bagaimana sebuah perusahaan kecil bisa menjadi perusahaan yang besar?"

Saya memulai bisnis setelah saya lulus kuliah. Modal saya hanya dengan satu buah sepeda. Saya sudah tidak punya ayah sejak saya umur 12 tahun. Jadi, saya sama sekali tidak memiliki uang.

Tapi saya bisa membangun 3 grup bisnis sukses, yaitu Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group, 9 perusahaan yang sudah go public, lebih dari 100 bisnis yang tersebar di Indonesia dan 3 negara di Asia, serta meraih lebih dari 60 penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Lalu, apa strategi saya? Ada tiga strategi yang terdiri dari definition, philosophical, dan practical. Bahwa seorang entrepreneur memiliki kemampuan untuk mengubah sampah menjadi emas.

Bisnis dimulai dengan apa yang kita miliki. Lihat apa kemampuan yang Anda punya. Saya merupakan seorang arsitek dan sudah memulai bisnis sejak saya masih di bangku kuliah. Tapi saya harus mengubah perusahaan saya dari sebuah konsultan menjadi sebuah developer karena konsultan hanya mencari pekerjaan,  orang lain yang mengerjakannya, sedangkan developer Anda menggunakan imajinasi untuk membangun sebuah proyek.

Kemudian, Anda juga harus memiliki kreativitas dan kemampuan untuk mengubah secara dramatis. Selagi berpikir mengenai hari ini, Anda juga memikirkan apa yang harus dilakukan selanjutnya. Anda pun juga harus menciptakan sesuatu yang berguna untuk orang lain.

Selain itu, penting juga dalam mengembangkan bisnis untuk mengenal yang namanya integritas atau kejujuran, profesionalisme, dan memiliki jiwa entrepreneurship. Saya yakin jika Anda menjalankan tiga hal tersebut, maka perusahaan kecil bisa Anda ubah menjadi perusahaan yang besar.

Mendiang Steve Jobs pernah mengatakan, "Innovation distinguishes between a leader and a follower." Jika Anda ingin menjadi seorang pelopor, maka Anda harus memiliki inovasi. Dan inovasi menjadi pusat entrepreneurship. Saya yakin kalau Anda semua sanggup.

Inovasi akan membuka mata. Inovasi tidak akan membuat konsumen Anda mengatakan tidak. Inovasi juga tidak akan membuat rekan bisnis Anda mengatakan tidak. Dan bahkan inovasi tidak bisa membuat pemerintah menolaknya.

Inovasi muncul berkat adanya kreativitas dan kreativitas merupakan suatu keharusan untuk meningkatkan strategi. Sehingga, inovasi menjadi kunci bagi Anda untuk menaikkan derajat dan itu ada di dalam diri Anda sendiri.

---

Disarikan dari presentasi Dr. (HC) Ir. Ciputra yang berjudul Scale Up Strategy Ciputra Way dalam gelaran The 4th Asian SME Conference 2016

KataWarta.COM