AYOPRENEUR.COM

11 Langkah Mewujudkan Gagasan Bisnis

28 Jul 2013 Hits : 6,947

Sebuah gagasan bisnis yang besar tanpa uang adalah seperti mobil baru tanpa bensin. Keduanya menarik untuk dilihat namun tidak bisa bergerak ke mana pun. Untungnya, ada banyak sumber dana yang Anda bisa andalkan untuk mebiayai bisnis Anda. Berikut beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkan gagasan bisnis Anda:

Langkah 1

Buat rencana bisnis yang lengkap. Dokumen ini memperinci gagasan Anda, termasuk bagaimana Anda merencanakan untuk mengembangkannya, dan yang terpenting, bagaimana Anda melihatnya menghasilkan uang. Baca berbagai macam buku atau ketik kata "rencana bisnis" pada mesin pencari di internet untuk lebih banyak sumber yang bisa digunakan untuk membuat sebuah rencana bisnis.

Langkah 2

Bangunlah sebuah model bisnis yang meyakinkan. Ini akan meliputi keadaan keuangan secara mendetil dan menjelaskan setiap aspek dalam bisnis Anda, termasuk biaya untuk mendapatkan sumber daya atau membuat produk, penjualan yang terproyeksi, dan pengeluaran pemasaran serta pengeluaran tambahan umum dan administratif.

Langkah 3

Tentukan seberapa banyak dana yang Anda akan butuhkan. Sertakan dana awal dan modal yang memadai agar bisnis tetap bertahan hingga pendapatan anda dapat menutup pengeluaran. Tambahkan semua pengeluaran yang telah diantisipasi selama proses awal: gaji, sewa gedung, pembelian peralatan, furnitur, peralatan kantor, layanan telepon, dan pencetakan kartu bisnis. Semakin spesifik daftar Anda, semakin rendah peluang Anda untuk kehabisan dana.

Langkah 4

Cari bantuan dari orang-orang yang telah melakukan hal serupa sebelumnya. Pertimbangkan untuk menawari mereka saham dalam perusahaan sebagai imbalan atas bantuan yang mereka berikan. Namun tundalah hal itu jika Anda belum siap untuk berbagi kepemilikan dengan orang lain.

Langkah 5

Sewa firma hukum terkemuka untuk merancang struktur bisnis Anda.

Langkah 6

Bekerja erat dengan firma hukum Anda dan buat sebuah struktur keuangan.

Langkah 7

Gunakan tabungan Anda. Investor atau pemberi pinjaman akan mengharapkan Anda untuk mendanai bisnis Anda hingga mencapai kemampuan keuangan anda yang terbaik dan swadaya ialah cara terbaik untuk mempertahankan kendali.

Langkah 8

Pergilah ke bank atau badan kredit yang memiliki hubungan dengan Anda, dan tanyakan tentang pinjaman bisnis. Anda lebih mungkin untuk diterima dengan lebih baik oleh lembaga yang telah mengetahui rekam jejak Anda daripada jika Anda memohon pinjaman pada pemberi pinjaman yang baru.

Langkah 9

Hubungi lembaga yang Anda ingin gunakan dan tanyakan jika mereka akan bersedia memberikan produk atau layanan lebih dulu, sebagai cara mengurangi biaya awal Anda sebagai imbalan untuk pembayaran penuh ditambah bunga dalam periode waktu yang ditentukan. Kemampuan mereka untuk melakukan hal tersebut mungkin dapat menurunkan atau bahkan menghilangkan kebutuhan akan pendanaan dari luar.

Langkah 10

Tanya penyuplai potensial jika mereka mau membantu mendanai perusahaan Anda, baik dengan cara pemberian perpanjangan syarat-syarat pinjaman atau memperpanjang pinjaman. Karena lembaga mendapat keuntungan paling banyak jika mengenai mendapatkan kontrak penting, beberapa mungkin akan bersedia memberikan Anda bantuan awal sebagai imbalan atas jaminan bisnis.

Langkah 11

Siapkan jaminan. Tergantung pada besaran pinjaman, Anda bisa saja menawarkan mobil, rumah, atau jenis properti lainnya. (*/ dari berbagai sumber)

KataWarta.COM