AYOPRENEUR.COM

Disabilitas Tak Hambat Ashari Jadi Pengusaha

28 Nov 2016 Hits : 775

Banyak orang yang menganggap cacat tubuh sebagai halangan untuk melakukan sebuah usaha. Namun, hal ini tidak berlaku untuk Ashari yang kini memasuki usia senja.

Meski terlahir cacat, namun tidak membuatnya patah arang. Ashari yang tidak memiliki tangan kanan dan sering mendapat ejekan, justru menginspirasi dia untuk membuka usaha pembuatan kaki dan tangan palsu dan mengantarkan tujuh buah hatinya menjadi sarjana.

Bahkan, cacat fisik yang diderita Ashari sejak kecil, mampu menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat.

Awalnya, Ashari merupakan atlet dari cabang diasbilitas yang pernah mengharumkan Indonesia di mata Internasional. Sayangya, janji pemerintah memberikan bonus dan kehidupan yang layak dinilai hanya isapan jempol. Dia pun harus menghabiskan waktunya masuk rehabilitasi bagi penderita kekurangan di Solo, Jawa Tengah pada 1962.

Ashari menelurkan ide untuk mendesain sendiri alat tangan palsu yang dipakainya. Sebab, dia merasa risih dengan alat tangan palsu yang didesain dari pihak panti rehabilitasi cacat. Ashari pun mengajukan idenya tersebut ke kepala panti.

Alhasil karyanya diterima oleh panti dan Ashari pun mulai menekuni membuat kaki tangan palsu sendiri. Meski dipindahkan dari Solo ke Palembang, Ashari tetap menjalankan usaha pembuatan tangan dan kaki palsu sembari bekerja sebagai pegawai di panti Bina Daksa jalan Sosial Palembang hingga dengan sekarang.

Dia sudah membuat ribuan kaki dan tangan palsu sejak 1967. Meski kaki tangan palsu buatannya banyak di buru oleh pembeli, Ashari pun terkadang membuat kaki tangan palsu secara cuma-cuma apabila ada pembelinya yang tidak mampu membayar. (as/okezone)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM