AYOPRENEUR.COM

Sugiran Sukses Membina Bisnis Mie Soun Selama 24 Tahun

28 Dec 2016 Hits : 1,006

Selama ini kawasan Tuban Wetan, Ngawen, Klaten, Jawa Tengah, dikenal dengan hasil taninya, tapi ada juga sebagian anggota masyarakatnya yang menjadi pengrajin mie soun.

Salah satu pedagang mie soun yang sukses adalah Sugiran.

Ia sudah menjalankan usaha mie soun selama 24 tahun. Usahanya berawal dari ide Sugiran yang sebelumnya ikut membantu menjadi karyawan di tempat temannya yang mempunyai usaha serupa. Dengan bekal pengalaman dan modal yang cukup, di tahun 1987 ia dan sang istri memberanikan diri membuka usaha mie soun.

Di awal usahanya, Sugiran memasarkan mie soun buatannya dengan pola penjualan door to door. Banyak pedagang yang melirik mie soun buatan Sugiran, termasuk para pedahang bakso.

"Terus terang awalnya tidak mudah mencari pelanggan mie soun, tapi alhamdulilah setelah mencoba akhirnya banyak yang merasa cocok," urainya.

Sugiran mengaku meski sudah menggarap bisnis mie soun selama 24 tahun, usahanya berjalan lambat karena belum mampu memproduksi mie soun dalam jumlah besar. Banyak hambatan yang menghalangi, mulai dari terbatasnya bahan baku, modal, dan pemasaran.

Meski begitu, Sugiran tetap bersyikur dapat menjalankan usahanya tersebut dengan mempekerjakan lima orang pemuda di sekitarnya.

Proses pembuatan mie soun yang digarap oleh Sugiran masih dengan cara tradisional dan ia sendiri yang mengawasi serta memastikan karyawannya melakukan prosedur pembuatan yang sesuai agar kualitasnya terjaga.

Dengan mendapat bantuan dana segar baru dari UlaMM Kota Klaten, kini Sugiran mampu menjual produk mie soun buatannya sampai ke laur daerah Klaten, mulai dari Ngawi, Jember, Magetan, sampai beberapa daerah di Jawa Tmur.

Sugiran juga berharap usaha produksinya dapat diteruskan oleh anak-anaknya dengan manajemen yang lebih baik. Sehingga saat ini, ia sudah menyiapkan landasan usaha yang lebih baik lagi. (fb/dari buku Rahasia Sukses Pengusaha Tahan Banting Seri II, PT Permodalan Nasional Madani, 2015)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM