AYOPRENEUR.COM

Cara Mudah Atasi Mata Lelah Efek Komputer

05 Jan 2017 Hits : 827

Sebagai karyawan, tentu kamu sering dituntut untuk selalu berada di depan layar komputer. Pekerjaan yang menumpuk bisa membuat kamu harus berjam-jam menghabiskan waktu di depan komputer. Alhasil mata pun menjadi lelah.

Buat kamu yang sedang berjuang di depan komputer untuk ngerjakan setumpuk pekerjaan, ini nih beberapa tips jitu mengatasi mata lelah.

1. Memijat Mata
Kamu bisa mempraktekan cara memijat mata. Pertama-tama gosokan kedua telapak tangan kamu selama 15-20 detik sehingga menjadi hangat. Setelah itu, tutup mata dengan kedua tangan secara perlahan selama 1 menit, tapi jangan sampai bola mata kamu tertekan ya! Setelah itu gerakkanlah kedua telunjuk tepat di atas pembuluh air mata, lalu tekan selama 30 detik. Geser telunjuk ke titik tengah di atas kedua alis mata, dan tekan selama 30 detik.

Lanjutkan dengan menekan kedua sisi hidung bagian bawah menggunakan ibu jari dan telunjuk. Mulailah dari ujung alis mata hingga ujung hidung. Kemudian tekan tulang pipimu ke arah atas menggunakan telunjuk selama 30 detik. Terakhir tutup kembali mata dengan kedua tangan seperti langkah awal.

2. Memijat Wajah
Kamu juga bisa memijat wajah dengan ringan. Pertama-tama rendam selembar handuk kecil di dalam air hangat dan peras hingga kering. Gosokan handuk itu ke pipi, dahi dan leher kamu, dan pijat-pijat wajahmu tanpa mengenai daerah mata. Cara ini bisa menghilangkan ketegangan akibat mata yang sudah kelelahan.

Salah satu cara ampuh mengatasi mata lelah adalah dengan es batu. Bungkus beberapa potong es batu ke dalam selembar kain atau handuk. Kemudian letakan beberapa saat di bawah matamu. Selain itu, kamu juga bisa menggosokan es batu tersebut secara perlahan di sekitar area mata. Rasa dingin es batu ini bisa membantu menghilangkan mata lelah karena kurang tidur.

3. Irisan Lemon
Cara lain adalah dengan menggunakan lemon. Iris satu buah lemon dan kompres beberapa menit pada mata. Selain itu, kamu juga bisa langsung menggosok-gosoknya di sekitar mata. Akan tetapi, kamu harus lebih berhati-hati menggunakan lemon, jangan sampai airnya masuk ke mata karena sangat pedih.

4. Istirahat yang Cukup
Mata lelah biasanya terjadi karena kamu kurang tidur. Apalagi untuk kamu yang terbiasa nongkrong bareng temen hingga subuh, segera kurangi kebiasan tersebut. Kamu harus mengisi energi untuk kegiatan kuliah yang tidak sedikit. Seseorang yang kurang tidur sangat rentan dengan mata lelah,  sehingga mata kamu akan cepat lelah ketika beberapa saat berada di depan komputer. Usahakan agar kamu bisa tidur hingga 8 jam dalam sehari, agar mata tetap prima.(vaa/kk)

KataWarta.COM