AYOPRENEUR.COM

Dorong Peningkatan SDM, Sekolah Teknologi Dibuka di Merauke

03 Aug 2016 Hits : 580

Yayasan Santo Antonius (Yasanto) Kabupaten Merauke, Provinsi Papua, membuka sekolah teknologi khusus untuk anak asli papua di daerah itu.

Ketua Yasanto Leonardus Mahuze, di Merauke,  mengatakan Sekolah Teknologi Menengah (STM) yang setingkat SMA/SMK itu berdiri pada tahun 1979 lalu dan hingga kini masih tetap melayani anak asli Papua dalam mendorong peningkatan SDM.

"Sekolah teknik khusus untuk orang asli papua ini masih berjalan sampai sekarang," kata Leonardus.

Menurut dia, ribuan siswa yang lulus di Yasanto langsung diserap dunia kerja karena mereka dibekali keterampilan sesuai kebutuhan pasar kerja dan sistem pembelajaran selalu disesuaikan dengan perkembangan.

"Keterampilan teknik mesin, otomotif, usaha produksi dan sebagainya," ujarnya.

Ia menambahkan, pihaknya pernah membantu masyarakat di kampung - kampung untuk peningakatan ekonomi dan melalui pendampingan itu masyarakat mampu menghasilkan uang untuk membiayai anak - anak yang mengenyam pendidikan.

"Komoditi - komoditi mereka kita dorong mencapai pemasaran agar menghasilkan uang, katanya.

LSM yang bergerak pada Bidang Pengembangan Kesehatan Masyarakat (BPKM) itu, kata Leonardus, kini juga menangani sekitar 40 Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA).

"Mereka ini dibekali pembinaan kerohaniaan, bahkan bimbingan serta pendampingan untuk terus berkreatif dan mandiri, bahkan ada yang membuka usaha jualan," katanya.(vaa)

KataWarta.COM