AYOPRENEUR.COM

SMKN 1 Gianyar Siap Cetak Wirausaha Muda

29 Dec 2016 Hits : 1,062

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Gianyar. Bali menjalin kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) untuk mencetak wirausaha muda dengan harapan mampu mengembangkan usaha mandiri.

"Kerja sama tersebut dinilai mampu memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang memiliki daya saing di era global," kata Kepala SMKN 1 Gianyar, I Dewa Putu Alit di Gianyar.

Ia mengemukakan hal itu ketika menandatangani naskah kerjasama dengan PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) yakni perusahaan jaringan toko swalayan "Alfamart" sekaligus membuka laboratorium "business center" berupa toko mini Alfamart sebagai media praktik belajar siswa.

I Dewa Putu Alit menilai dengan adanya hibah berupa toko mini Alfamart tersebut, pihaknya sangat terbantu karena mendapat fasilitas untuk mendukung proses belajar dan mengajar menyangkut usaha wiraswasta.

Upaya tersebut sangat bermanfaat dan modal bagi sekolah dalam membuka koperasi sekolah untuk praktek jurusan penjualan.

Selain itu mendukung pengembangan usaha wirausaha dengan memberikan praktek di Bank Mini yang beroperasi seperti bank pada umumnya kepada siswa jurusan akuntansi.

Dewa Putu Alit menambahkan, kerja sama tersebut diharapkan mampu mencetak tenaga pemasaran yang memiliki daya saing dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Peluang bidang pemasaran masih sangat besar dibutuhkan untuk meningkatkan perkonomoian nasional dalam semua bidang.

Sementara Deputi Branch Manager PT SAT, Muhson Husin mengatakan, pihaknya sangat mendukung pengembangan dunia wirasusaha.

"Kami akan melakukan pembinaan kepada guru mengenai managemen retail moderen serta siap membantu mengajar kepada siswa sesuai kebutuhan," ujar Muhson Husin.

Pihaknya juga akan melakukan pembinaan kepada para pedagang kaki lima atau yang lainnya yang ingin membuka usaha namun memiliki modal yang terbatas melalui program Toko Mitra Alfamart (TMA).

Ia mengharapkan, program tersebut mampu menumbuhkan ekonomi dan meningkatkan taraf hidup masyarakat.

PT Sumber Alfaria Trijaya (SAT) yakni perusahaan jaringan toko swalayan "Alfamart" setiap tahunnya dengan sasaran membuka 1.000 gerai baru membutuhkan tambahan 10.000 tenaga kerja.

Sementara di Bali penambahannya empat hingga enam gerai. Untuk itu masyarakat setempat, khususnya generasi muda dapat memanfaatkan peluang tersebut dengan baik, ujar Muhson Husin.(vaa)

KataWarta.COM