AYOPRENEUR.COM

SMA N Semarang Kembangkan Mapel Kewirausahaan Membatik

10 Jan 2017 Hits : 701

SMA Negeri 11 Semarang mengembangkan mata pelajaran kewirausahaan membatik menjadi produk unggulan yang bisa dijual. Sejak dua tahun lalu mata pelajaran kewirausahaan membatik memang terus diasah agar bisa menghasilkan sebuah produk yang bermanfaat.

Produk hasil karya siswa-siswi kelas 10, 11 dan 12 ini selalu dipamerkan dan dijual setiap akhir semesteran.

Kepala SMA Negeri 11 Semarang, Yuwana, mengatakan, kewirausahaan membatik memang menjadi ciri khas  SMA Negeri 11 Semarang dan ternyata minat siswa-siswi sangat besar dalam belajar membatik.

“Bahkan seragam guru-guru merupakan hasil karya anak-anak, mereka membuat dan dihargai,” katanya dalam acara Gelar Karya Siswa dan Education Expo di halaman SMA Negeri 11 Semarang, belum lama ini.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang Sujono yang hadir dalam acara itu menambahkan, dengan menampilkan karya-karya siswa berarti ingin menunjukkan bahwa kegiatan luar akademik bisa menjadi penting dan bermanfaat.

Dengan mata pelajaran kewirausahaan membatik ini diharapkan, dari sekian banyak siswa yang nantinya lulus SMA ada yang bisa melanjutkan ke perguruan tinggi dan ada pula yang berwirausaha.

“Jadi anak-anak yang ke depan belum bisa melanjutkan, dengan sikap kewirausahaan bisa digunakan untuk mengembangkan diri dan ini yang dibangun di sekolah  sebagai bekal,” terangnya.

Monika Suprihatin, Guru Kewirausahaan menjelaskan, awalnya mata pelajaran membatik ini hanya sebagai pelajaran biasa. Tetapi Ia bertekad harus ada sebuah hasil produk nyata yang bisa bermanfaat. “Pokoknya harus bisa menjadi suatu produk,” jelasnya.

Dalam Gelar Karya Siswa dan Education Expo ini, selain menampilkan karya batik  juga menampilkan fashion show batik karya siswa serta pameran pendidikan dari 15 perguruan tinggi negeri dan swasta di Semarang. Expo tersebut bertujuan untuk mengenalkan dunia perkuliahan kepada siswa-siswi yang nantinya ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahan.(vaa/merdeka/SMNetwork)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM