AYOPRENEUR.COM

SMA Jayapura Miliki Misi Mendaur Ulang Sampah

25 Oct 2016 Hits : 728

Kalangan guru Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Kota Jayapura, Provinsi Papua, memotivasi siswanya untuk mendaur ulang sampah.

"Daur ulang sampah ini memang bagian dari misi sekolah. Kami punya misi ada delapan, misi yang kedelapan itu adalah mendaur ulang sampah," kata Kepala SMAN 4 Jayapura, Laban Sembiring di Jayapura.

Menurut dia, anak-anak ini harus didik dari sekarang dan jangan hanya memproduksi sampah tetapi harus sadar bahwa limbah sampah itu kalau tidak dikelola akan menjadi bencana ke depan.

"Kami sering katakan bahwa seperti limbah sampah botol-botol plastik yang dibelanjakan di toko-toko itu tidak bisa terurai dalam tanah itu dalam tanah itu membutuhkan jangka waktu yang sangat lama," ujarnya.

Sekolah juga menjelaskan bahwa limbah sampah botol plastik itu sampai kapan pun tidak bisa terurai dalam tanah.

"Jika limbah plastik-plastik ini demikian semakin tinggi maka apa jadinya generasi-generasi ke depan kita wariskan apa," katanya.

Laban menuturkan, jikalau limbah sampah botol plastik berada dalam tanah kemudian kayu dan tanaman lainnya tidak akan bisa tumbuh maka akan tumbuh sebuah bencana, di antaranya tanah itu akan menjadi gersang.

"Itu yang pertama kami sadarkan kepada siswa maka di sekolah ini ada mata pelajaran kewirausahaan dimana di dalamnya mengarahkan siswa untuk bisa mendaur ulang sampah," ujarnya.

Semisal koran, kata dia, siswa diajarkan untuk berkreasi koran itu bisa menjadi apa, setiap hari koran itu diproduksi setiap hari. Koran ini juga dibuat dari pulp atau bubuk kertas yang juga asalnya dari pohon.

"Yang pertama untuk menyadarkan siswa-siswi ini maka di dalam materi kewirausahaan itu mengajak anak untuk mendaur ulang sampah itu untuk menjadi sebuah produk," ujarnya.(vaa)

KataWarta.COM