AYOPRENEUR.COM

Filosofi Jeff Bezoz Dalam Berbisnis

30 Nov 2016 Hits : 2,553

Dalam majalah Fortune, Jeff Bezoz pernah memberikan tips atau kunci sukses dalam berusaha. Pertama, kita harus berani ambil resiko.  Jeff Bezos mengatakan bahwa ia tidak pernah ragu untuk melakukan aksi, meskipun tidak selalu berhasil. Menurutnya, jika kita hanya mengikuti hal-hal yang kita yakin akan berhasil, kita akan kehilangan begitu banyak kesempatan.

Setelah berani mengambil resiko, ia menyebutkan bahwa kita harus meminimalisasi penyesalan, salah satunya dengan tidak segan untuk bertindak. Penyesalan terbesar adalah bukan ketika kita gagal saat mencoba, namun ketika kita menyesal karena tidak mencoba.

Langkah ketiga adalah promosi dari mulut ke mulut. Promosi yang diakui sebagai aslah satu bentuk promosi paling efektif ini bisa didapatkan ketika kita memberikan pelayanan yang baik kepada konsumen. Dengan begitu, konsumen pun akan mempromosikan usaha kita dengan senang hati.

Langkah keempat adalah utamakan konsumen. Dalam melakukan usaha, bsia dibilang bahwa “pembeli adalah raja”. Salah satu hal paling penting adalah berfokus terhadap konsumen. Sebuah perusahaan sudah seharusnya terpusat pada konsumen.

Kemudian, kita harus terus beinovasi, tidak boleh diam di satu tempat. Karena yang hal yang dapat membahayakan perusahaan adalah ketika perusahaan tersebut tidak berkembang. Lalu, kita juga harus memiliki sifat keras kepala dan fleksibel. Menurut Jeff Bezos, jika kita tidak keras kepala, kita akan menyerah terlalu cepat. Dan jika kita tidak fleksibel, kita tidak akan dapat melihat solusi dari sebuah masalah.

Setelah itu, jangan malu untuk meniru hal-hal baik yang dilakukan oleh perusahaan lain dan kemudian diterapkan di perusahaan kita sendiri. “Kami melihat para kompetitor kami, belajar dari mereka, melihat hal-hal yang mereka lakukan pada para pelanggan dan meniru hal-hal tersebut sebanyak yang kami bisa,” jelasnya. Dan last but not least, kita harus bekerja keras untuk mencapai keberhasilan. Ia mendorong para pegawainya untuk bekerja keras, sama seperti yang telah ia lakukan, untuk terus mengembangkan usahanya. Seperti kutipan yang ia sampaikan—yang cukup terkenal—yang berbunyi, “Work hard, have fun, and make history”. (bn)

KataWarta.COM