AYOPRENEUR.COM

Raih Kesuksesan dengan Berinvestasi

19 Jan 2017 Hits : 1,070

Siapa yang tidak ingin sukses? Salah satu tujuan hidup adalah mencari kesuksesan. Muda, hidup nyaman dan pendapatan tak terbatas.

Semua orang berharap untuk masuk pada jajaran kelas menengah ke atas. Banyak buku atau orang-orang sukses yang memberikan tips bagaimana untuk menjadi sukses dengan pendapatan berlebih. Sejumlah langkah dan skema dikembangkan.

Berikut tips dan langkah sederhana meraih kesuksesan:

1. Investasi pendidikan
Salah satu yang menunjang kesuksesan Anda adalah pendidikan. Memang ini tidak menjadi syarat mutlak, namun untuk beberapa hal masih diperlukan. Pilihlah sekolah atau universitas yang sesuai dengan profesi Anda. Kadang untuk menghasilkan uang, diperlukan budget khusus. Percayalah uang yang Anda alokasikan akan kembali dalam beberapa tahun ke depan, misalnya jika Anda tertarik pada bidang bisnis, Anda bisa mengambil master of business (MBA).

2. Pasar saham
Investasikan uang Anda di industri keuangan dan pasar modal seperti portofolio saham, obligasi, atau instrumen investasi lain yang memberikan imbal hasil yang berkesinambungan (return on investment/RoI). Langkah ini penting untuk menjaga agar masa pensiun Anda terjamin. Jika Anda memiliki dana Rp10 juta dengan return on investment (RoI) 7 persen, maka keuntungan yang bisa dipetik sekitar Rp700 ribu per tahun.

3. Investasikan di properti
Properti merupakan aset yang dinilai cukup stabil. Investasi di segmen ini bisa dilakukan dengan menyewakan unit properti atau lahan di wilayah-wilayah yang berpotensi tumbuh dan berkembang. Anda bisa membeli aset properti yang diprediksi naik terus sepanjang waktu. Instrumennya beragam, mulai apartemen, tanah hingga rumah kos-kosan.

4. Belilah aset yang bernilai guna
Jika Anda mengalokasikan uang Rp100 juta untuk membeli mobil, Anda harus memastikan dalam lima tahun ke depan mobil yang Anda beli bermanfaat untuk menunjang aktifitas bisnis Anda. Bisa memilih kendaraan niaga atau family car untuk disewakan.

6. Tetaplah menjadi kaya
Memang sulit untuk bisa menjadi orang kaya, namun tidak mudah mempertahankan di kelas menengah tersebut. Kekayaan Anda selalu tergantung dengan kondisi pasar dan ekonomi. Sementara pasar selalu berfluktuatif naik dan turun. Anda bisa menginvestasikan pasa saat waktu yang tepat, namun sebaliknya Anda harus keluar dari instrumen investasi di saat kondisi pasar kurang mendukung.

Dalam contoh yang lain, jika Anda mendapatkan promosi, atau tingkat RoI meningkat beberapa persen, jangan mudah terpancing untuk langsung menginvestasikan kembali. Anda bisa melakukan dengan perlahan namun pasti.(vaa)

KataWarta.COM