AYOPRENEUR.COM

Daftar Aturan Penting Saat Investasi di Pasar Modal

19 Dec 2016 Hits : 1,108

Ketika Anda berinvestasi di pasar modal baik berupa saham, obligasi atau mata uang, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal.

Berikut lima aturan yang dapat membantu Anda dalam investasi di pasar modal seperti dilansir dari Liputan6.com:

1. Mengetahui informasi harga saham terkini
Dalam pasar modal, harga akan terus berubah cepat dan investor perlu mengetahui informasi langsung tentang harga-harga terkini. Informasi harga ini penting untuk melihat apakah Anda akan membuat keputusan jual atau beli dengan melihat dana yang dimiliki atau dengan melihat target keuntungan yang akan dicapai.

Jadi kalau Anda berinvestasi di pasar keuangan, jangan sampai Anda tidak tahu berapa harga aset Anda saat ini dan ikuti pergerakan harganya.  Anda bisa memilih diam dulu saat harganya di bawah harga aset Anda, atau Anda melakukan cut loss alias memotong kerugian artinya Anda bisa memilih rugi sedikit ketimbang harus rugi banyak jika melihat tren harganya terus turun. Bisa juga Anda menantikan harga kembali normal di jual seharga aset Anda atau menantinya harganya di atas.

2. Tahu informasi dasar tentang perusahaan
Investor yang berpengalaman tentu selalu melihat terlebih dahulu latar belakang sebuah perusahaan yang bergelut di pasar modal. Mengetahui informasi dasar mengenai keuangan berbagai perusahaan akan semakin membuat wawasan Anda bertambah sehingga Anda punya banyak pilihan.

3. Pelacakan portofolio
Portofolio sebuah perusahaan sangat penting karena Anda bisa melihat apakah perusahaan itu akan memberikan benefit pada Anda atau tidak. Jadi sesekali cobalah membaca laporan keuangannnya dan aset apa saja yang dimiliki perusahaan tersebut.

4. Mengikuti berita seputar saham
Memiliki pengetahuan yang memadai seputar saham adalah salah satu kunci untuk menjadi investor yang sukses. Hal ini berarti Anda harus selalu up-to-date untuk mengetahui kabar terbaru seputar keadaan ekonomi dan saham yang Anda beli.

5. Pilih perusahaan sekuritas yang baik
Memilih perusahaan sekuritas yang baik dalam arti punya nama baik dan pelayanan ke nasabah cukup bagus juga membuat Anda akan lebih mudah menjalankan investasi Anda. (as)

KataWarta.COM