AYOPRENEUR.COM

Mengenal Sosok Jannet Yellen, Pimpinan Bank Sentral AS

21 Apr 2016 Hits : 454

Sosok Jannet Yellen sangat khas. Pucuk pimpinan Bank Sentral AS (Federal Reserve) ini tampil bersahaja dengan potongan rambut pendek dan busana bergaya simpel.

Bagi Anda yang belum pernah mengenal sepak terjang perempuan ini, Yellen patut dikenal sebagai salah satu ekonom terkemuka di AS. Ia pernah menjabat sebagai wakil pimpinan Federal Reserve Board of Governors sejak tahun 2010 hingga menjadi pimpinan pertama untuk menjadi pucuk pimpinan di sana tahun lalu.

Yellen lahir di Brooklyn, New York, di tahun 1946, Janet Yellen mendapatkan gelar sarjana dari Brown University tahun 1967. Ia melanjutkan pendidikan ke  Yale University, tempat ia menerima gelar Ph.D. tahun 1971. Setelah mengajar di Harvard University, Yellen bekerja di Federal Reserve dari tahun 1977 hingga 1978, dan menjadi profesor di University of California, Berkeley.

Dari tahun 1997 hingga 1999, ia bekerja dalam White House Council of Economic Advisers, dan tahun 2004, ia menjadi presiden dan CEO Federal Reserve Bank of San Francisco.

Tahun 2010, Yellen terpilih sebagai wakil pimpinan Federal Reserve Board of Governors. Presiden Barack Obama menominasikannya menjadi pimpinan pada bulan Oktober 2013.

Obama memujinya karena dianggap memiliki penilaian dan kecermata tinggi dan mengatakan Yellen piawai dalam membangun konsensus. "Ia pimpinan yang terbukti keandalannya dan ia sangat tangguh, tak percuma ia dari Brooklyn," ujar sang presiden. (bn)

KataWarta.COM