AYOPRENEUR.COM

Pengorbanan Dong Mingzhu Bawa Dirinya Jadi Pengusaha Wanita Sukses di Tiongkok

21 Feb 2017 Hits : 1,023

Majalah Forbes Tiongkok baru-baru ini menobatkan Dong Mingzhu sebagai 1 dari 100 pengusaha wanita luar biasa di Tiongkok. Tidak tanggung-tanggung, presiden Gree Electric Appliance ini menyabet peringkat pertama.

Seperti diketahui, perusahaan yang dipimpin oleh Dong Mingzhu merupakan perusahaan AC terbesar di Tiongkok. Di tahun 2016, Gree Electric Appliance berhasil mencetak keuntungan sekitar 82 milyar yuan pada 9 bulan pertama dan memperkerjakan lebih dari 70.000 karyawan.

Untuk meraih prestasi seperti itu, tentu banyak pengorbanan yang dilakukan oleh wanita berusia 62 tahun ini.

Dilansir dari IDN Times, Dong Mingzhu bercerita bahwa ia tidak pernah libur atau memanfaatkan waktu cutinya sama sekali selama 26 tahun bekerja.

Memulai karirnya sebagai sales di awal tahun 1990, kepindahannya ke perusahaan yang berdiri di Guandong sejak tahun 2001 ini ternyata membuahkan hasil yang luar biasa.

Di bawah kepemimpinannya, Gree Electric Appliance tumbuh dari perusahaan kecil yang tak dikenal menjadi perusahaan raksasa penguasa pasar AC di Tiongkok.

Saking giatnya bekerja, ia mengaku tidak pernah menghadiri kelulusan anak laki-laki satu satunya, semenjak TK hingga kuliah.

Ditinggal suaminya sejak tahun 1984 karena meninggal dunia, ia juga tidak pernah berpikir untuk menikah lagi. Semua dedikasinya dipersembahkan untuk mengatur perusahaan.

Pengorbanannya tersebut dibuntuti dengan rasa sesal karena ia melewatkan waktu-waktu berharga dengan sang putra saat ia bertumbuh. Sebagai orang tua tunggal, ada alasan di balik kerja keras dan pilihannya ini.

"Untuk membuat dunia menjadi lebih baik, sebagian kecil orang memang harus berkorban," ujarnya. (fb)

KataWarta.COM