AYOPRENEUR.COM

Tampil di Gelaran Super Bowl, Lady Gaga Dibayar 0 Rupiah

19 Mar 2017 Hits : 1,988

Penyanyi Lady Gaga berhasil memukau jutaan pasang mata saat tampil di gelaran halftime Super Bowl LI pada awal pekan ini, tapi tahukan berapa bayaran yang diterima oleh pelantun Poker Face ini?

Menurut salah satu perwakilan dari NFL kepada majalah Forbes, NFL tidak membayar sepeser pun artis atau musisi yang tampil dalam gelaran halftime tersebut tetapi menanggung semua biaya produksinya.

Dana produksi untuk gelaran halftime Super Bowl selama 13 menit ternyata memakan biaya yang sangat besar, yaitu lebih dari 10 juta dollar AS atau setara dengan 133,2 miliar rupiah.

Bahkan, saking besarnya biaya produksi tersebut pihak NFL pernah meminta sang artis untuk ikut patungan biaya produski. Pada gelaran Super Bowl XLIX, penyanyi Katy Perry pernah diminta melakukan hal tersebut namun ditolak olahnya.

Meski tidak dibayar sepeserpun, Lady Gaga tetap diuntungkan dengan penampilannya karena ia mendapat banyak jatah promosi. Untuk tahun ini saja, sebanyak 111 juta pasang mata menonton gelaran pertandingan football antara Patriots dan Falcons.

Menurut data dari Nielsen Music, pada Minggu (5/2) sesaat setelah tampil di Super Bowl LI, Lady Gaga mampu menjual 150 ribu album digital dan lagu di AS, yang mana naik 1.000 persen jika dibandingkan dengan hari sebelumnya.

Dalam konser selama 13 menit tersebut, Lady Gaga membawakan 3 lagu miliknya, Just Dance, Poker Face, dan Born This Way, yang pernah menduduki peringkat teratas Billboard Hot 100.

Tidak hanya Lady Gaga, musisi-musisi lain yang tampil "tidak dibayar" dalam gelaran Super Bowl juga mengalami hal yang serupa.

Tahun lalu saat grup band Coldplay menjadi musisi pengisi halftime Super Bowl, penjualan album dan lagunya mencapai 349 ribu kopi atau meningkat 529 persen jika dibandingkan satu hari sebelumnya. (fb)

KataWarta.COM