AYOPRENEUR.COM

Rumah Tetap Sejuk Meski Tanpa AC

12 Oct 2015 Hits : 380

Suhu udara panas, mesin Air Conditioner (AC) pun menjadi satu-satunya pilihan agar rumah menjadi sejuk.

Padahal, sebenarnya ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghindari penggunaan AC tetapi rumah masih bisa tetap tidak panas dan bahkan terasa sejuk.

Dosen Arsitektur UNS, Ir. Rahmadi Nugroho, MT mengatakan untuk mendapatkan suasana sejuk tanpa AC di dalam rumah ada beberapa hal yang bisa diusahakan.

Hal pertama adalah memilih lingkungan luar. Suasana luar dapat dibuat lebih sejuk dengan memilih lokasi rumah dekat area persawahan atau tempat dengan pepohonan yang banyak.

Atau pemilik rumah menanam banyak tanaman di luar rumah untuk memberikan rasa sejuk ke dalam rumah.

“Memilih lingkungan hijau bisa menciptakan lingkungan sejuk di luar rumah, sehingga mampu menyejukan suasana dalam rumah,” katanya seperti dilansir Tribunnews.com.

Selain lingkungan pemilihan bahan bangunan juga penting. Untuk mendapatkan suasana sejuk di dalam rumah, sebaiknya memilih bahan yang tidak meneruskan panas, misalnya dengan menggunakan lapisan aluminium foil sebagai pelapis dan dipasang di bawah genteng.

Plafon yang tinggi dengan memasang enternit juga akan mengurangi panas, karena udara panas yang terjebak di atas tidak turun lagi.

“Memilih bahan juga perlu untuk mengurangi panas, misalnya dengan memasang pelapis aluminium foil di atap,” ujarnya.

Upaya lain yang dapat dilakukan supaya rumah tetap sejuk tanpa AC, juga dengan menghindari bukaan pintu atau jendela yang menghadap langsung ke arah datangnya sinar matahari.

Misalnya, kamar utama tidak menghadap ke barat karena panas matahari sore akan menyebabkan ruangan terasa panas.

Rumah juga harus memiliki banyak bukaan yang memungkinkan udara alami masuk. Ini bisa menjadi solusi untuk rumah dengan langit-langit yang lebih rendah.

Memberikan banyak ventilasi juga bisa dilakukan untuk memberikan sirkulasi udara yang terus menerus masuk dan keluar rumah.

Untuk mengusir panas dapat diakali dengan membuat rongga di bawah atap. Hal ini dapat diterapkan di rumah dengan bentuk atap datar yang menempel ke bangunan tetangga dan efektif juga pada atap berbentuk sandar tanpa plafon.

Cara lain yang harus diketahui di samping untuk mendinginkan rumah adalah dengan menemukan penyebab yang membuat gerah.

Biasanya peralatan rumah tangga dapat mengeluarkan panas yang berlebihan, misalkan peralatan elektronik. (as)

BACA JUGA

KataWarta.COM