AYOPRENEUR.COM

Membuat Tanaman Hias Anda Kuat Hadapi Cuaca Panas

26 Oct 2015 Hits : 628

Cuaca di Indonesia dihadapkan pada situasi panas berkepanjangan. Walhasil pekarangan rumah menjadi mengering dan tampak gersang.

Memang September yang harusnya masuk musim hujan, justru menjadi bulan kekeringan di beberapa daerah. Hingga Oktober ini, musim hujan pun tak kunjung datang.

Menghadapi cuaca ekstrem seperti ini, Anda harus bersikap ekstra dalam merawat tanaman. Salah sedikit, bukan tidak mungkin tanaman hias kesayangan anda mati kekeringan.

Penjual tanaman hias dari sanggar Bougenvile, di kawasan Lenteng Agung, Depok Obet (31), membagikan tips.

Hal yang paling dibutuhkan tanaman di musim kemarau panjang seperti ini adalah air. "Yang penting air, siram tanaman tiga kali sehari," katanya seperti dilansir Okezone.com.

Dia mengingatkan, jangan sampai lupa membasahi tanaman jika wilayahnya sudah mengalami kekeringan. Tanaman yang langsung menempel tanah (tidak dalam pot) pun tidak lagi mendapat air dari kandungan tanah jika musim kering.

Kedua, agar tetap sehat sebaiknya gunakan pupuk kandang. Menurut Obet, pupuk kandang menjadi pilihan yang baik dalam merawat tanaman pada musim kemarau.

"Kalau pabrik itu kan pupuk kimia terlalu panas kalau di musim panas begini, pakai yang organik saja," ucap dia.

Dia bilang, pemupukan bisa dilakukan dua minggu sekali agar tanaman mendapatkan nutrisi yang cukup. Anda tidak perlu pusing mencari pupuk kandang karena banyak di jual di toko tanaman. Harganya pun berkisar Rp15 ribuan per kantong.

Jika sudah memasuki musim hujan, Obet bilang, supply air pada tanaman bisa dikurangi. Cukup satu kali atau jika hujan turun terus menerus. Bahkan, tidak perlu lagi menyiram tanaman Anda jika frekuensinya sering. (as)

BACA JUGA

KataWarta.COM