AYOPRENEUR.COM

Jelang Lebaran, Percantik Taman Anda

09 Jul 2015 Hits : 525

Beberapa hal kerap dilakukan orang agar tampil cantik saat Lebaran. Namun, tahukah Anda bahwa apa yang Anda lakukan itu kadang kurang efektif karena tidak tepat waktunya? Hal ini juga berlaku pada penataan elemen rumah.

Mempercantik rumah sepertinya sudah menjadi tradisi yang wajib dilakukan banyak orang dalam menyambut hari raya Idul Fitri atau Lebaran.

Tidak hanya mempercantik bangunan dan interior, mempercantik taman pun kini menjadi agenda yang tidak boleh dilupakan. “Masa cuma bagian dalam saja yang didandani? Taman juga harus didandani supaya rumah cantik sempurna dan tampak lebih segar,” sebut arsitek lanskap Herlin Wibowo.

Mempercantik taman bisa dengan melakukan renovasi kecil, menanam tanaman baru, sekadar memotong dan merapikan taman yang sudah ada, atau menambah aksesori agar taman terlihat lebih semarak. Namun, memotong tanaman terlalu mepet mendekati hari Lebaran akan membuat taman menjadi tampak gundul dan tidak rimbun. Begitu pun dengan penambahan aksesori, jika tidak tepat guna, maka bukan taman yang indah dan nyaman yang bakal kita dapatkan, melainkan sebaliknya.

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan perbaikan di taman. Memotong tanaman adalah kegiatan yang paling sering dilakukan orang saat ingin mempercantik taman. Tujuannya agar taman terlihat rapi dan terkesan diurus. Namun, perhitungkanlah waktu yang diperlukan untuk tumbuhnya kuncup daun sehingga saat Lebaran, tanaman yang Anda potong itu sudah tumbuh sempurna.

“Anda harus mengerti karakteristik tanaman yang tumbuh. Tujuannya supaya kuncup tanaman baru sudah tumbuh sempurna pada hari Lebaran,” sebut Herlin. Ambil contoh tanaman teh-tehan atau acalypha siamensis dan bambu yang biasanya dijadikan pagar rumah. Kedua jenis tanaman tersebut butuh waktu 10 hari untuk menumbuhkan kuncup mereka hingga sempurna.

Jadi, jika Anda ingin memotong tanaman-tanaman tadi, ya harus pada hari H-10 Lebaran. Jika kurang, tanaman akan terlihat botak. Bagi Anda yang berencana mengecat ulang furnitur di taman agar terlihat baru saat Hari Raya nanti, yang harus Anda tentukan adalah, kapan waktu yang tepat untuk mengecat furnitur tersebut. Selain memperhatikan cuaca, Anda juga mesti memperhitungkan waktu dari proses pengecatan menuju Lebaran.

Tujuannya agar bau cat tidak mengganggu kebersamaan Anda dan keluarga yang sedang berkumpul di taman. “Idealnya, untuk furnitur berbahan kayu atau besi yang diletakkan di eksterior, bau catnya akan hilang sekitar dua minggu. Dengan mengecat di waktu yang tepat, furnitur taman Anda akan siap menyambut tamu saat Lebaran tiba,” timpal Yuwono Imanto, Director Retail & Project Marketing Division PT Propan Raya. Anda bosan dengan tanaman yang sudah ada?

Atau Anda merasa tanaman yang sudah ada belum cukup sempurna untuk menyemarakkan Lebaran dan berencana membeli tanaman baru? Jika Anda hanya berencana menambahkan dan bukan merombak total, ada baiknya Anda membeli tanaman mendekati hari Lebaran atau sekitar H-2. Untuk jenis tanaman bunga, jika harus ditanam di tanah, Anda bisa membeli tanaman bunga tersebut dua hari sebelum Lebaran. Namun, jika Anda berencana meletakkannya di pot, Anda bisa membelinya satu hari sebelum Lebaran.

“Yang perlu dilakukan adalah, pilih tanaman berbunga yang bunganya paling banyak, daunnya rimbun, dan menarik,” saran Herlin. Tujuannya, agar tanaman tersebut bisa menjadi penarik perhatian orang saat berkunjung ke rumah Anda.

Sementara, jika Anda memilih tanaman tidak berbunga, tetapi memiliki daun yang cantik, Anda dapat menanamnya di tiga hari sebelum Lebaran. Bagaimana, tertarik untuk mendekorasi ulang taman Anda? Selamat mencoba! (as/okezone)

BACA JUGA

KataWarta.COM