AYOPRENEUR.COM

Antisipasi Banjir di Lingkungan Rumah, Ayo Buat Sumur Resapan

18 Dec 2015 Hits : 440

Memasuki musim penghujan, beberapa daerah di Indonesia menjadi langganan banjir. Hal ini adalah dampak dari perubahan iklim yang diyakini tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga di belahan bumi lainnya. Tindakan antisipasi yang dapat dilakukan bisa hal-hal terkecil, salah satunya membuat sumur resapan di rumah.

Climate Change Water Supply Advisor IUWASH, Agus Hernandi mengungkapkan, sumur resapan dapat menjadi solusi sederhana dengan manfaat yang tidak sederhana.

"Tentunya untuk mengantisipasinya bisa memulai tindakan-tindakan praktis, dengan biaya murah, dan mudah digunakan, salah satunya itu adalah sumur resapan ini," kata dia seperti dilansir Okezone.com.

Selain itu, membuat penangkap air hujan dari talang juga bisa diterapkan. "Bisa juga bikin penangkap air hujan dari talang, kemudian dialirkan melalui filter. Itu bisa dijadikan sumber air baku di rumah," paparnya.

Agus menambahkan, sumur resapan memberikan empat manfaat bagi lingkungan rumah, di antaranya menjaga kelembaban tanah di area sekitar sumur resapan, memperkaya debit mata air di wilayah hilir, mengurangi banjir, serta genangan-genangan di sekitar rumah yang mengganggu sehingga menjadi penyulut ketegangan antar tetangga. (as)

BACA JUGA

KataWarta.COM