AYOPRENEUR.COM

Ambisi Xia Xiaochuan Menggarap Bisnis Online di Indonesia Melalui www.livejaja.com

07 Sep 2016 Hits : 3,162

Di era sekarang ini, banyak orang Indonesia masih susah mencari pekerjaan. Selain karena persoalan terbatasnya ketersediaan lapangan kerja, pemicu lainnya adalah mengenai masih sulitnya mengakses informasi lowongan pekerjaan yang tersedia. Berangkat dari masalah tersebut, PT Segitiga Jaya Indonesia mencoba menjawab kebutuhan masyarakat Indonesia terhadap informasi ketersediaan lowongan pekerjaan dengan mendirikan situs www.livejaja.com. Untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu situs www.livejaja.com, tim Redaksi Ayopreneur.com mewawancarai Xia Xiaochuan selaku Direktur PT Segitiga Jaya Indonesia. Berikut wawancaranya:

Jelaskan bagaimana ide awal Anda membangun bisnis livejaja.com?

Ide awal saya untuk membangun bisnis ini berawal ketika saya melihat data Badan Pusat Statistik Indonesia, bahwa jumlah lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) mencapai 18,91 juta orang. Anda bisa bayangkan bahwa kondisi ini merupakan peluang pasar yang sangat besar untuk digarap. Sehingga saya membayangkan ketika para lulusan SMA dan SMK ini hendak mencari pekerjaan, maka mereka akan mencarinya di kota-kota besar, salah satunya Jakarta.

Kemudian, ketika ada kebutuhan untuk mencari pekerjaan, maka harus ada kebutuhan juga untuk menyediakan informasi lowongan pekerjaan yang sesuai. Di situlah www.livejaja.com hadir, yakni untuk menjawab kebutuhan tersebut.

Apa visi dan misi perusahaan Anda?

Visi dan misi www.livejaja.com adalah untuk mempertemukan para pencari kerja dengan pemberi kerja, sekaligus memberi kenyamanan terhadap akses informasi. Kemudian pertanyaan lain yang muncul ketika Anda sudah pindah ke kota besar dan mendapat pekerjaan adalah, di mana Anda akan tinggal. Karena itu, www.livejaja.com siap memberikan informasi akurat, tidak hanya tentang informasi lowongan pekerjaan, namun juga informasi tentang kos-kosan bagi para pekerja. Tentunya, tempat tinggal yang sesuai dengan kondisi finansial mereka.

Apa target pasar Anda dan Bagaimana cara Anda mencapai target pasar tersebut ?

Untuk saat ini, target pasar kami adalah pekerja lulusan SMA dan SMK. Namun tidak menutup kemungkinan di masa mendatang kami juga akan menggarap target pasar lulusan Universitas atau sarjana.

Mengenai cara untuk mencapai target pasar tersebut, kami melakukan secara online dan offline. Untuk kampanye online, kami menyebarkan informasi melalui Facebook, Twitter, dan platform media sosial lainnya. Secara offline, kami juga berencana untuk mengundang para pekerja yang sesuai dengan target pasar kami, dan memperkenalkan mereka secara langsung.

Bagaimana Anda membangun tim kerja yang sesuai dengan ekspektasi bisnis Anda ?

Selama tiga bulan, kami mempersiapkan konsep bisnis situs ini. Dalam jangka waktu itu, kami juga berpikir tentang sosok staf seperti apa saja yang sesuai dengan konsep bisnis seperti kami. Akhirnya, kami memutuskan untuk mencari staf dari kalangan anak muda yang paham dalam menjalankan bisnis online. Mayoritas kami merekrut lulusan dari Binus University. Saat ini, kami sudah memiliki tujuh staf yang memiliki pengalaman kerja antara 2-3 tahun.

Bagaimana Anda melihat pasar internet dan bisnis online di Indonesia?

Indonesia merupakan sebuah 'market' yang sangat menarik. Mengapa? Karena Indonesia adalah negara yang sangat besar. Saya juga melihat data bahwa tingkat ekonomi Indonesia terus tumbuh dan relatif stabil. Ke depan, saya melihat Indonesia akan menjadi negara dengan penetrasi ekonomi dan internet yang sangat pesat. Kesimpulannya, Indonesia merupakan salah satu negara dengan 'market' yang sangat besar dan punya beragam potensi, selain Amerika Serikat, China dan India. Karena itulah, kita hadir di Indonesia dengan platform www.livejaja.com untuk menggarap pasar bisnis online di Indonesia. (Teks dan foto Boni Pramudya)

KataWarta.COM