AYOPRENEUR.COM

Industri Kreatif Merupakan Pilar Perekonomian Daerah

30 Nov 2016 Hits : 2,160

Masyarakat di berbagai daerah dituntut untuk terus berkreatif dibidang usaha, pasalnya Industri kreratif merupakan salah satu pilar perekonomian daerah.

"Generasi muda tentunya memiliki potensi besar untuk masuk ke industri ekonomi kreatif. Karena saat ini adalah eranya idnustri ekonoimi kratif yang sedang digandrungi oleh anak muda," kata Asrun, Wali Kota kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), pada acara Kendari Kreatif Festival di Taman Kota Kendari.

Ia mengatakan memasuki pasar bebas masyarakat ekonomi ASEAN, ekonomi kreatif yang lahir dari ide dan inovasi generasi muda nantinya akan menjadi salah satu pilar ekonomi.

"Inovasi dan kreativitas yang dihasilkan para pelaku industri kreatif yang didominasi generasi muda ini, harus mengambil peran dalam pasar bebas MEA," katanya.

Pemerintah disebutnya akan mendukung upaya pengembangan ekonomi kreatif tersebut dengan berbagai cara, salah satunya menyediakan wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk mengekspresikan hasil kreatif tersebut.

"Harus terbangun sinergitas antara pemerintah melalui instansi terkait dengan para pelaku industri ekonomi kreatif agar bisa berkembang pesat," katanya.

Menurut dia, era pasar besas MEA bagi pelaku industri ekonomi kreatif harus dijadikan peluang untuk mengembangkan usaha dengan melihat potensi keinginan pasar.

"Produksi industri keatif harus mampu bersaing secara global dengan produk dari luar, ini butuh inovasi dan sentuhan kreativitas pelaku usaha," katanya.(vaa)

KataWarta.COM