AYOPRENEUR.COM

Sikap Mental Positif yang Wajib Dimiliki Seorang Pengusaha

02 Jan 2017 Hits : 6,028

Menjadi seorang pengusaha itu tidaklahmudah seperti yang dibayangkan, banyak sekali kendala atau tantangan yang akan dihadapi, sebaliknya bagi seorang pengusaha kendala itu akan menjadi sebuah pemicu bagi terwujudnya sebuauh cita cita, menciptakan lapangan kerja buat diri sendiri bahkan bisa untuk orang lain. Namun, tidak sedikit dari mereka yang berhasil melewati kesulitan, dan kini menjadi seorang pengusaha sukses.

Tidak hanya bermodalkan materi, seorang pengusaha tentunya harus memliki mental yang positif untuk menghadapi kerasnya dinamika bisnis. berikut ini adalah 7 mental positif yang harus dimiliki seorang pengusaha, dikutip dari belimitless:

1. Tidak menyalahkan diri sendiri
Alih-alih menyalahkan diri sendiri, para pengusaha sukses dapat bersikap tegar saat sesuatu yang tidak diharapkan terjadi. Bahkan mereka tidak meratapi kemalangan yang mereka alami. Mereka tahu bahwa tidak semua rencana dapat berjalan dengan mulus. Mereka melihat kegagalan sebagai pelajaran, dan tetap optimis meatap masa depan.

2. Tidak takut perubahan
Para pengusaha sejati tidak takut dengan perubahan, justru sebaliknya mereka menyambut hal itu. Mereka tahu bahwa roda ekonomi bergerak dinamis, dan satu-satunya cara untuk tetap bertahan di dunia bisnis adalah dengan menerima ide-ide baru dan beradaptasi. Penguasaha dengan kecerdasan emosi yang tinggi lebih berkembang dalam lingkungan yang selalu berubah.

3. Orang yang pemaaf
Pengusaha sukses tidak membiarkan dirinya tenggelam dalam rasa marah dan benci. Mereka sadar bahwa perasaan tersebut tidak bermanfaat, dan hanya akan menguras energinya. Jika seseorang telah melakukan kesalahan, mereka akan berbesar hati untuk segera memaafkannya.

4. Menghargai proses
Banyak orang yang terburu buru ingin cepat kaya, sehingga mereka kurang berhati hati dalam memahami risiko. Di sisi lain, para pengusaha sukses tahu bahwa hasil merupakan buah dari kerja keras, dan kompetensi. Proses yang baiklah yang akan menuntun seseorang pada kekayaan.

5. Rajin beramal
Seorang pengusaha bermental ksatria tidak seperti paman Gober. Mereka tidak segan memberikan sebagian keuntungan bisnisnya untuk kegiatan amal. Semakin kaya mereka, semakin peduli mereka pada masyarakat.

6. Percaya diri
Para pengusaha sukses percaya dengan diri mereka sendiri. Mereka termotivasi atas apa yang mereka yakini. Jika Anda tidak percaya pada diri sendiri, bagaimana orang lain akan percaya pada Anda?

7. Tidak takut mengambil risiko
Sebagai seorang pengusaha, mengambil keputusan merupakan hal yang harus Anda lakukan. Pikirkanlah keputusan tersebut, dan ukurlah risiko yang mungkin akan terjadi. Para pegusaha sukses tidak takut mengambil risiko karena mereka sudah memertimbangkan risiko yang siap mereka terima, dan juga peluang keuntungan yang akan mereka peroleh.( vaa)

KataWarta.COM