AYOPRENEUR.COM

Inilah Faktor-faktor Utama yang Pengaruhi Bisnis

11 Jan 2017 Hits : 1,240

Sebelum mamasuki dunia bisnis, Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang dapat memengaruhi usaha atau core environment.

"Kita harus paham dulu tentang faktor-faktor yang dapat memengaruhi bisnis kita. Kira-kira bakal kesulitan atau tidak," ujar Director Pro Indonesia-Smartpreneur Taufan B Umbara seperti dilansir Sindonews.com.
Faktor pertama, menurut Taufan, adalah kompetitor. Banyak bisnis yang mudah sekali dimasuki kompetitor. Hal ini bisa berpengaruh negatif atau positif.

"Bisnis yang mudah dimasuki kompetitor akan tidak menarik. Misalnya, jualan pulsa yang sangat mudah atau siapapun bisa usaha ini. Jadi, tidak menarik lagi," terangnya.

Kedua, mengetahui dan mengenal benar Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) di daerah yang akan dituju untuk berusaha. Karena ada beberapa LSM yang memang bisa membuat bisnis yang dijalankan mandek atau justru berkembang.

"Misalnya, berbisnis kafe atau tempat hiburan malam di Bandung, dulu bisnis ini harus tutup pukul 12.00 malam. Akhirnya, banyak kafe atau hiburan malam gulung tikar karena LSM di sana cukup ketat," ujarnya.

"Tapi, ada juga bisnis yang didukung LSM, misalnya membangun sekolah Pendidikan Usia Dini (Paud)," jelas Taufan.

Ketiga, mengetahui supplier. Anda harus mengetahui bahwa supplier yang diajak kerja sama dapat memudahkan atau tidak.

Ada beberapa bisnis yang supplier-nya terbatas atau justru sebaliknya. Bila daerah tempat bisnis supplier-nya melimpah akan memudahkan usaha termasuk bagaimana melihat pesaing para supplier tersebut. Namun, kalau daerah tersebut mudah dimasuki supplier, maka kurang bagus.

"Ada juga pesaingnya masih sedikit di daerah itu. Misalnya, buka bisnis toko oleh-oleh di Pekanbaru, itu peluangnya bagus karena masih sedikit usaha ini," tuturnya.

Keempat, terkait dengan konsumen, yakni mengetahui perubahan perilaku konsumen. Misalnya, buka warnet yang saat ini kurang begitu bergairah.

"Kita harus aware di situ, harus mengetahui lingkungan di sekitar kita termasuk konsumer, kondisinya seperti apa," kata Taufan.

Terakhir, teknologi yang sangat berpengaruh terhadap usaha. Karena ada beberapa bisnis yang rentan dengan teknologi, misalnya bisnis tiket pesawat.

"Saat ini banyak yang membeli tiket pesawat tidak melalui agen melainkan online. Maka, usaha ini harus mampu melihat kondisi perkembangan teknologi," jelasnya.

Selain itu, jika mau memulai usaha harus mengetahui DNA bisnis yang akan dijalankan secara jelas. Mengetahui industri apa yang prospek, masalah yang dihadapi, marketnya berapa besar, dan apa saja yang dapat memengaruhi bisnis tersebut.

"Jadi, harus jelas dan clear. Intinya kita punya bisnis jangan banci atau DNA kita enggak jelas," tandas Taufan. (as)

KataWarta.COM