AYOPRENEUR.COM

Enam Jenis Kecerdasan Yang Wajib Dikuasai Pengusaha Dalam Mengelola Bisnis

09 Jan 2017 Hits : 1,390

Kepribadian entrepreneur memiliki perbedaan. Kita semua tahu entrepreneur sukses yang meninggalkan bangku sekolah, dan orang-orang cerdas ber-IQ (Intelligent Quotient) tinggi yang justru tidak bisa mengelola sebuah bisnis.

Sebuah penjelasan yang cukup masuk akal adalah bahwa kecerdasan yang dimiliki entrepreneur agak berbeda dari orang kebanyakan. Mereka memiliki kecerdasan majemuk (multiple intelegences).

Teori kecerdasan majemuk dikembangkan oleh Dr. Howard Gardner pada tahun 1983 di Harvard University. Ia menyarankan bahwa gagasan ‘kecerdasan’ dalam pengertian tradisional yang sering disebut IQ  jauh terlampau terbatas. Alih-alih, Gardner mengajukan konsep kecerdasan yang lebih luas yang mencakup setidaknya 8 jenis kecerdasan.

Entrepreneur yang sukses selalu menampakkan kecerdasan-kecerdasan berikut ini dalam setiap langkah bisnisnya.

Kecerdasan linguistik
Kecerdasan linguistik ialah kemampuan untuk berpikir dalam kata-kata dan menggunakan bahasa untuk mengutarakan makna yang pelik. Kecerdasan linguistik ialah kompetensi yang paling banyak dimiliki manusia. Namun kecerdasan ini paling menonjol ditemui dalam sejumlah orang seperti novelis dan penyair.

Kecerdasan ini juga dibutuhkan dan nampak dalam diri entrepreneur saat ia harus menyusun sebuah business plan dan meyakinkan para pelanggan.

Kecerdasan interpersonal
Kecerdasan ini ialah kemampuan untuk memahami dan berinteraksi secara efektif dengan orang lain. Kecerdasan interpersonal memungkinkan kita berkomunikasi secara verbal dan nonverbal secara tepat guna, menyampaikan suasana hati dan perangai, dan kemampuan untuk memahami perspektif yang majemuk.

Entrepreneur membutuhkan kecerdasan seperti ini untuk bergaul dengan sesama entrepreneur, investor, rekanan, dan sebagainya. Entrepreneur memiliki ide-ide cemerlang, dan kecerdasan ini memungkinkan ide-ide itu dikomunikasikan, dimengerti, dan dilaksanakan oleh orang lain di sekitarnya.

Kecerdasan intrapersonal
Kecerdasan intrapersonal ialah kapasitas untuk memahami diri sendiri dan menggunakan pengetahuan dalam perencanaan dan strategi. Kecerdasan intrapersonal melibatkan tak hanya penghargaan terhadap diri sendiri tetapi juga kondisi manusia. Kecerdasan ini terlihat jelas dalam diri psikolog, pemimpin spiritual, pemimpin bisnis, dan sebagainya.

Kecerdasan kinestetik
Kecerdasan kinestetik ialah kemampuan untuk memanipulasi benda dan menggunakan sejumlah ketrampilan fisik. Kecerdasan ini juga melibatkan kepekaan penentuan waktu dan kesempurnaan ketrampilan antara kesatuan tubuh dan pikiran. Para penemu dan orang-orang yang memberikan produk atau jasa mekanis memerlukan kecerdasan tersebut.

Nah, untuk menciptakan produk atau jasa baru untuk konsumen, seorang entrepreneur juga memerlukan kecerdasan ini. Ia harus merancang dari nol, mengubah purwarupa yang ada, memperbaikinya dari waktu ke waktu.

Kecerdasan matematis-logis
Kecerdasan matematis-logis ialah kemampuan untuk menghitung, menjumlah dan berpikir secara masuk akal. Kecerdasan ini biasanya sangat kentara dalam pakar matematika, pegiat teknologi, dan programer komputer dan biasa dihubungkan dengan kecerdasan dalam pengertian tradisional (IQ).

Kecerdasan ini penting bagi entrepreneur karena ia setidaknya juga harus memiliki kemampuan dalam menghitung keadaan keuangan bisnisnya, menentukan langkah apa yang harus diambil untuk meningkatkan laba, menghitung ROI, IPO  dan sebagainya.

Kecerdasan naturalis
Kecerdasan ini mengatur kemampuan manusia untuk membedakan makhluk hidup dan kepekaan terhadap fitur-fitur lain dari dunia nyata. Entrepreneur yang baik menggunakan kecerdasan naturalis untuk membedakan kebutuhan pelanggannya dan memilih produk/ jasa yang paling sesuai dan menguntungkan dalam sebuah pasar tertentu.

Kecerdasan musikal
Kecerdasan musikal ialah kapasitas untuk mengenali nada, irama, kenyaringan dan tinggi nada. Kecerdasan ini memungkinkan kita mengenali, menciptakan, mereproduksi, dan mengekspresikan diri dengan minat dan kemampuan bermusik. Kecerdasan musikal menonjol dalam diri para penggubah lagu, konduktor, musisi, vokalis, dan pendengar yang peka.

Kecerdasan spasial

Kecerdasan spasial ialah kemampuan untuk berpikir dalam 3 dimensi. Kemampuan utama dalam kecerdasan spasial ialah imajinasi mental, penalaran spasial, grafis dan ketrampilan seni serta imajinasi aktif. Para pelaut, pilot, pemahat, pelukis dan arsitek memiliki tingkat kecerdasan spasial yang menonjol. Ini juga penting bagi entrepreneur dalam merancang tempat usaha yang ideal, kemasan produk yang memikat, dan sebagainya. (bn)

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM