AYOPRENEUR.COM

Empat Jenis Bisnis yang Bisa Anda Bangun di Garasi Rumah

27 Feb 2017 Hits : 1,941


Jika Anda ingin memulai sebuah usaha, tak perlu langsung besar. Anda tak perlu menyewa ruko, mencari 10 karyawan dan juga meminjam uang di bank. Untuk memulai sebuah bisnis bisa dengan modal kecil dan dari garasi di rumah Anda.

Di garasi, Anda bisa memulai bisnis kecil-kecilan dengan pelanggan tetangga sebelah rumah. Jika layanan atau servis Anda baik, bukan tidak mungkin bisnis Anda akan terus membesar. Dari situ, Mimpi memiliki usaha yang besar bakal tercapai.

Lalu usaha atau bisnis apa saja yang bisa dimulai di rumah? Dikutip dari Liputan6.com, berikut ini empat bisnis yang bisa Anda mulai dari garasi:

1. Bengkel sepeda
Setiap rumah biasanya memiliki sepeda. Baik itu sepeda anak-anak atau sepeda olah raga bagi orang dewasa. Memperbaiki sepeda sebenarnya dapat menjadi bisnis yang sangat menguntungkan.

Banyak orang memiliki sepeda tetapi hanya teronggok di gudang karena rusak. Padahal sebenarnya memperbaiki sepeda tidaklah sulit. Bagi beberapa orang memang tidak memiliki waktu untuk memberbaiki sepeda.

Hal ini bisa Anda jadikan sebagai peluang. Untuk bisa memiliki keahlian memperbaiki sepeda sangat mudah. Anda tinggal menonton video di channel Youtube saja. Di sana ada banyak tutorial memperbaiki berbagai onderdil sepeda.

Jika sudah yakin, Anda tinggal mengeset garasi yang Anda miliki menjadi sebuah bengkel sepeda. Tak perlu banyak peralatan, dengan sarana yang seadanya Anda bisa membuka bisnis bengkel sepeda.

2. Studio foto
Tidak semua orang bisa menjadi fotografer. Tapi Anda tidak tahu apakah bisa menjadi fotografer jika tidak mencobanya. CPbalah untuk memotret obyek-obyek tertentu dengan kamera yang Anda miliki. Jika tekun dan sering belajar dari blog-blog mengenai fotografi, bukan tidak mungkin Anda akan menjadi jago memotret.

jika Anda sudah percaya diri dengan kemampuan tersebut, Anda tinggal mengubah garasi yang Anda punya dengan peralatan fotografi seperti lampu dan juga bluescreen atau greenscreen. Selain itu Anda juga bisa memilih salah satu sudut garasi Anda untuk menempel latar belakang foto pemandangan pantai atau gunung.

3. Bengkel las
Bagi beberapa orang, mengelas adalah pekerjaan yang sangat sulit. Namun ternyata jika dipelajari dengan sungguh-sungguh, pekerjaan mengelas tak begitu sulit. Nah, Anda bisa membuka bengkel las di garasi Anda. Sama seperti dengan bengkel sepeda, Anda bisa mempelajari teknik mengelas dari Youtube.

Memang, untuk membuka bengkel las membutuhkan modal yang besar. Namun jika membuka di garasi, Anda bisa mengurangi nilai modal karena tak perlu menyewa tempat yang besar.

Mulailah dengan mempromosikan bengkel Anda ke tetangga. Sudah tentu akan banyak order untuk membuat pagar, teralis jendela maupun peralatan rumah tangga lainnya.

4. Pangkas rambut
Bisnis potong rambut adalah bisnis yang menggiurkan. Semua orang pasti akan merapikan rambutnya. Anda bisa membuka bisnis potong rambut buat pria atau juga salon untuk wanita. Tentu saja keduanya membutuhkan alat-alat yang berbeda.

Namun satu hal yang pasti, bisnis tersebut bisa Anda bangun di garasi rumah Anda. Jika membuka salon, alat yang Anda butuhkan memang lebih banyak dibanding dengan potong rambut pria.

Ini bisnis yang sangat murah dengan potensi keuntungan yang besar. potong rambut untuk pria minimal Rp 10 ribu per orang dan untuk wanita biasanya sekitar Rp 50 ribu per orang. Seandainya satu hari mendapat 10 orang maka Anda sudah bisa mengumpulkan omzet Rp  3 juta hingga Rp 15 juta. (as)

KataWarta.COM