AYOPRENEUR.COM

Cara Memulai Usaha Ternak Kalkun (Istanti Setyo Raharjo)

09 Nov 2013 Hits : 24,262

Bagaimana caranya mendirikan bisnis peternakan ayam kalkun?
Sebelum memulai bisnis peternakan ayam kalkun harus mempelajari tentang ayam kalkun. Membuat anggaran ternak kalkun misalnya selama 1 tahun, seperti modal awal pembelian bibit kalkun,
pembuatan kandang, pakan kalkun perhari, perawatan kalkun, dll.

a.Pembuatan kandang 
Kandang sebagai tempat tinggal dan tempat berkembang biak ayam kalkun, sehingga harus dibuat kandang yang nyaman agar kalkun bisa tumbuh dan berkembang dengan baik. Kandang disesuaikan dengan
jumlah kalkun yang akan dipelihara. Kandang sebaiknya dibuat sekat-sekat. Satu sekat kandang bisa diisi 5 ekor kalkun betina dan 1 ekor kalkun jantan. Penempatan kandang diusahakan menghadap ke timur agar setiap pagi hari kandang terkena sinar matahari yang bagus untuk pertumbuhan kalkun.

b.Pemilihan bibit kalkun
Bibit akan menentukan hasil panen, sehingga jika ingin menghasilkan ayam kalkun yang bagus, harus memilih bibit kalkun yang unggul.

c.Pemberian makan
Pakan menjadi faktor penting untuk pertumbuhan kalkun, sehingga harus diperhatikan dengan baik. Pemberian pakan disesuaikan dengan umur kalkun. Pakan kalkun adalah sayuran seperti sawi, kangkung, dll atau pakan yang biasa dijual di toko pakan ternak. Selain pakan,kalkun juga perlu air untuk memperlancar proses pencernaan makanan.

d.Pemeliharaan
Pemeliharaan meliputi kalkun dan kandangnya. Kalkun perlu diperiksa kesehatannya setiap minggu untuk melihat apakah terkena penyakit, virus, dll. Kalkun juga perlu diberi vaksin jika dibutuhkan agar tetap sehat. Pemeliharaan kandang seperti menjaga kebersihan dan kelembaban kandang. Kandang dibersihkan dari kotoran kalkun, karena kotoran tersebut bisa menyebabkan penyakit. Kelembaban perlu dijaga karena kandang yang lembab menjadi tempat berkembang biak kuman/bakteri yang bisa menyerang kalkun.

Apa sajakah ide bisnis turunan dari ternak ayam kalkun?
Bisnis turunan dari ternak ayam kalkun semisal abon ayam kalkun.

Adakah referensi orang yang sudah sukses di bidang ini?
Referensi orang yang sudah sukses di bidang ternak ayam kalkun yang saya temui secara langsung belum ada, tetapi berdasarkan pencarian dari internet saya menemukan seseorang yang menekuni bisnis peternakan ayam kalkun yaitu Bp. Suparjo dari Yogyakarta. Berikut ini
linknya http://disnak.jabarprov.go.id/...

Di mana dan bagaimana mendapatkan bibit kalkun?"
Sesuai dengan referensi yang disebutkan diatas maka untuk mendapatkan bibit kalkun menurut saya bisa menghubungi Bp. Suparjo.

BACA JUGA

KataWarta.COM