AYOPRENEUR.COM

Cara Beternak Ayam Kalkun (Rizal Riski)

10 Nov 2013 Hits : 25,090

1. Bagaimana caranya mendirikan bisnis peternakan ayam kalkun?
Mendirikan bisnis peternakan ayam kalkun pada dasarnya sama dengan mendirikan bisnis peternakan ayam pada umumnya, namun yang membedakan disini adalah dari segi cara perawatan dan banyaknya jumlah pakan yang harus diberikan. Dalam memulai usaha peternakan ayam kalkun terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya ;
a. Pemilihan bibit ayam kalkun
Dalam pemilihan bibit haruslah dilakukan dengan teliti agar memperoleh bibit yang unggul. Bibit kalkun yang unggul salah satunya ditandai dengan pertumbuhan yang cepat, nafsu makan tinggi, gesit dan sehat, juga dapat dilihat dari warna kotoran yang normal (tidak encer putih kehijauan). Untuk menjamin bibit ayam tersebut memang bibit unggul disarankan anda membeli kepada peternak yang memang memiliki kredibilitas dan berpengalaman dalam budidaya ayam kalkun.
b. Pemilihan Lokasi Bisnis
Pemilihan lokasi erat kaitannya dengan keberlangsungan bisnis anda dalam jangka panjang. Prioritaskan pemilihan lokasi pada tempat yang memiliki tingkat kenyamanan dan keamanan dari gangguan manusia, hewan, maupun kemungkinan ancaman bencana seperti tanah longsor, angin, dan ancaman lain yang dapat menghambat jalannya bisnis anda. Ada baiknya memilih tempat yang mudah untuk mendapatkan makanan tambahan misalnya seperti di persawahan, disekitar pantai, danau, dll.
c. Perkandangan
Ciptakanlah suasana kandang yang nyaman dan longgar untuk ayam kalkun anda. Hal ini dikarenakan untuk menjaga keindahan bulu ayam kalkun dari benturan-benturan dengan benda disekitar kandang mereka. Pisahkan kalkun sesuai umur agar tidak terjadi tindak kriminalitas dikalangan mereka. Pastikan tempat bertelur dan mengeram aman dari gangguan ayam lain dan atur posisi tempat bertelur untuk memudahkan anda memeriksa perkembangan telur tanpa mengganggu ayam yang sedang mengeram. Pilihlah lokasi kandang kalkun yang tidak lembab dan jika memungkinkan arahkan kandang tersebut kearah timur. Hal ini ditujukan agar pada pagi hari kandang kalkun terkena sinar matahari dan membuat ayam kalkun anda lebih sehat.
d. Pemberian Makan
Pemberian makan pada ayam kalkun hendaknya disesuaikan dengan umur mereka karena untuk jenis ayam kalkun anakan dan kalkun dewasa memiliki porsi dan menu berbeda karena kemampuan lambung untuk menampung makanan mereka berbeda pula. Tanyakanlah pada toko peternakan yang menyediakan jenis-jenis pakan ayam sesuai umur dengan kode BR1, BR2, dll. Atur jadwal makan dan sediakan pakan sesuai kebutuhan jangan sampai ada sisa makanan yang nantinya akan menimbulkan penyakit jika malas membersihkan. Jika ada ayam kalkun yang sakit segera pisahkan dari ayam yang sehat agar tidak menular.
e. Perawatan Kesehatan
Perlu dilakukan pemantauan secara berkala untuk memastikan bahwa ayam kalkun anda dalam keadaan sehat. Untuk pencegahan penyakit, selain kondisi lingkungan dan makanan yang terjaga, ayam kalkun juga perlu diberikan vaksinasi seperti ayam lain. Berikan pula tambahan vitamin semasa ayam kalkun dalam kondisi sehat.

2. Apa sajakah ide bisnis turunan dari ternak ayam kalkun?
Ayam kalkun pada dasarnya merupakan jenis ayam hias karena memiliki bulu yang sangat indah. Selain itu, ayam kalkun juga memiliki daging yang kaya manfaat. Bisnis turunan yang dapat diciptakan dari ternak ayam kalkun adalah :
1. Bisnis Ayam Hias
Ayam kalkun memiliki bentuk tubuh dan bulu yang indah, sehingga cocok untuk dipelihara sebagai ayam hias bagi para pecinta hewan ternak hias. Bisnis ayam hias kalkun juga masih memiliki prospek cerah karena saat ini masih belum banyak ditemui di masyarakat.
2. Bisnis Kuliner Olahan Ayam Kalkun
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa daging ayam kalkun mengandung banyak manfaat diantaranya dagingnya yang lezat, bergizi tinggi, rendah kolesterol dan lemak, berprotein tinggi, serta mengandung omega 6 yang baik untuk pertumbuhan otak dan kesehatan jantung. Oleh karena, pada nantinya daging ayam kalkun dapat menjadi salah satu alternatif pengganti daging sapi dan kambing, dan dapat dikonsumsi oleh semua kalangan.
Ada beberapa ide Bisnis Kuliner Ayam Kalkun, diantaranya: Bisnis Ayam Kalkun Bakar, Soto Ayam Kalkun, Mie Ayam Kalkun, Bakso Daging Kalkun, Rendang Kalkun, dan masih banyak olahan daging kalkun lainnya.

3. Adakah referensi orang yang sudah sukses di bidang ini?
Ada, beliau adalah Paulus Nugrahajati. Penulis dari buku yang berjudul "Dahsyatnya Bisnis Ayam Kalkun" yang diterbitkan pada tahun 2012 oleh Andi Publisher.

4. Dimana dan bagaimana mendapatkan bibit kalkun?"
Bibit ayam kalkun telah banyak dijual di daerah Jawa Tengah. Anda dapat memperoleh bibit ayam kalkun di berbagai toko agribisnis di daerah Jawa Tengah dengan kisaran harga bibit Rp.30.000 - Rp.100.000 (tergantung umur). Dan untuk bibit berpasangan dijual kisaran harga Rp.250.000 - Rp.500.000/pasang (tergantung umur). Salah satu referensi penjual bibit ayam kalkun di Jawa Tengah adalah "Bams Breeder". Yang beralamat di Jalan Raya Magelang Purworejo KM 22, Dusun Manglong, Desa Kaliabu, Kecamatan Salaman, Magelang, Jawa Tengah. Telepon 081210111229 (Bambang).

BACA JUGA

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM