AYOPRENEUR.COM

Wendy Kopp: Dirikan Teach for America untuk Berantas Kesenjangan Pendidikan

25 Jul 2013 Hits : 2,330

 

Memberantas kesenjangan dalam akses pendidikan banyak ditemukan, tidak cuma di negara-negara berkembang dan miskin tetapi juga di negara-negara maju dan kaya. Tidak banyak pihak yang tertarik dalam upaya pemerataan pendidikan seperti yang entrepreneur sosial satu ini lakukan.

 

Wendy Kopp adalah penggagas dan pemimpin utama dalam "Teach for America", sebuah organisasi dengan dampak sosial yang amat besar bagi kemajuan pemerataan pendidikan di negeri Paman Sam.

 

Kopp memulai gerakan mulia itu dengan mengajukannya dalam bentuk skripsi di akhir studi sarjananya di Princeton University. Profesor dan pengajar lain mengaku tidak bisa mewujudkan impiannya menjadi kenyataan. "Tak banyak orang menganggap serius ide saya saat itu. Tapi saya tidak putus asa," tutur Kopp dalam sebuah kesempatan.

 

Namun, seperti sudah ditakdirkan, ia mendapatkan panggilan telepon dari seorang wanita bernama Jennifer dari Yayasan Echoing Green. Kopp mengisahkan, "Saat itu ia (Jennifer) hanya mengatakan 4 kata pada saya: 'Kami ingin membantu Anda'. Dan saya yakin ia memang akan membantu saya mewujudkan hal itu dengan serius." Saking gembiranya, Kopp tidak percaya ada orang yang menyambut baik idenya itu.

 

Sejak itu, organisasi "Teach for America" yang didirikan Kopp mendapat sokongan finansial dan moral dari Echoing Green. Tak cuma itu, Kopp juga mengaku mendapatkan banyak pelajaran dan pengetahuan dari jaringan orang-orang yang berpengalaman dan berkompeten dalam bidang yang ia tekuni. "Saya belajar banyak dari mereka," aku wanita yang tinggal di New York ini.

 

Teach for America merekrut sejumlah lulusan universitas terbaik dari semua jurusan yang ada. Mereka harus berkomitmen selama 2 tahun untuk mengajar tanpa diupah di sekolah-sekolah umum yang tersebar di daerah-daerah perdesaan maupun perkotaan AS yang belum semaju yang lain. Setelah 2 tahun, mereka diharapkan akan menjadi para pemimpin sejati di masyarakat yang memiliki perspektif luas terhadap kehidupan terutama perluasan kesempatan mengenyam pendidikan yang begitu vital dalam meningkatkan taraf dan kualitas hidup manusia.

 

Organisasi ini telah dirintis Kopp sejak 22 tahun lalu dan terus memberikan dampak positifnya hingga detik ini. Di bawah kepemimpinan perempuan yang visioner ini, Teach for America sudah merekrut hampir 33 ribu orang pengajar muda yang sudah menjangkau lebih dari 3 juta siswa-siswa sekolah tertinggal di seluruh penjuru AS. 

 

Kopp juga CEO dan salah satu pendiri Teach For All, jejaring global yang menghubungkan berbagai lembaga sosial independen yang bertujuan memperluas peluang pendidikan di berbagai negara dengan merekrut dan mengembangkan bibit-bibit pemimpin berkualitas dalam generasi muda mereka untuk berkomitmen mengajar di daerah yang memerlukan bantuan dan menjadi pemimpin sepanjang hayat untuk mewujudkan persamaan dan kualitas pendidikan yang sebaik-baiknya. (echoinggreen/*Akhlis)

BACA JUGA

Ciputra

IKAMERS.COM JUAL BELI ONLINE GRATIS

KataWarta.COM