AYOPRENEUR.COM

Stephen Hillenburg: Akademisi Biologi Kelautan dan Animator yang Tersohor Berkat Spongebob

18 Apr 2014 Hits : 3,262

Stephen Hillenburg manfaatkan passionnya di ilmu kelautan dan animasi menjadi sebuah serial animasi yang menguntungkan. (Image credit: voices.washingtonpost.com )

Stephen Hillenburg lahir 21 Agustus 1961 di Fort Still, Oklahoma, AS. Ia adalah seorang animator dan kartunis AS. Ia menciptakan serial kartun Nickelodeon SpongeBob SquarePants. Ia mengerjakan proyek SpongeBob ini dari tahun 1999 hingga 2004 saat ia mengumumkan pengunduran dirinya dari posisi produser eksekutif serial laris ini. Serial ini masih terus dikerjakan oleh Derek Drymon yang menggantikan posisi Hillenburg.

Ketertarikan Hillenbrug pada kehidupan laut berawal sejak kecil. Ia suka menyaksikan film-film tentang Jacques Cousteau. Di usia 15 tahun, setelah perjalanan snorkeling, ia mulai studinya di ilmu kelautan. 

Menurut laman Metacritic.com, Hillenburg memilih spons sebagai karakter iutamanya karena baginya spons adalah makhluk laut yang paling tidak disangka-sangka oleh banyak orang untuk dijadikan karakter utama dalam sebuah serial kartun. Kebanyakan serial telah mengangkat karakter ikan, dan ia
ingin yang berbeda. Hillenburg kemudian menambahkan karakter lainnya dan membangun sebuah peradaban bawah laut imajiner yang dikenal kemudian sebagai Bikini Bottom.

Dalam presentasinya, ia membawa pahatan, sketsam akuarium dan sebuah lagu tema untuk menjelaskan ide kartunnya. Ide kartun SpongeBob-nya kala itu disetujui Nickelodeon dan diudarakan menjadi serial. Ia tak pernah menyangka SpongeBob akan menjadi sebuah sukses besar.

Hillenburg masih terlibat dalam proses produksi serial SpongeBob tetapi tidak lagi bertanggung jawab atas produksinya. Tidak diketahui secara pasti mengapa Hillenburg meninggalkan posisinya sebagai produser eksekutif atau proyek apa yang akan ia kerjakan selanjutnya namun beredar rumor bahwa
serial baru miliki Hillenburg akan dirancang dan masih dalam tahapan awal pengembangan.

Sebelum SpongeBob, Hillenburg merupakan seorang menulis dan seniman komik di Rocko's Modern Life dan mengajar sebagai guru biologi kelautan di sekolah yang dulunya dikenal sebagai Orange County Ocean Institute. Ia bekerja sebagai seorang pakar biologi kelautan dari tahun 1984 hingga 1987.

Ia memutuskan di tahun 1987 bahwa ia akan mengejar karir di bidang animasi yang menjadi passion seumur hidupnya yang kedua setelah ilmu biologi kelautan. Hillenburg telah melukis dan menggambar selama bertahun-tahun namun memutuskan untuk lebih menekuni ketertarikannya di dunia seni animasi dan kartun. Ia membuat sejumlah film pendek, dua di antaranya pernah menyabet penghargaan dan diputar di depan audiens Animation Film Festivals di seluruh dunia.

Dua film pendek terbaiknya, The Green Beret 1991 and Wormholes 1992, menjadi film pendek populer di sejumlah Festival Film dunia dan menerima sejumlah penghargaan lain untuk kategori Animasi yang Mengagumkan. Di sela-sela kegiatannya ini, ia menerima pekerjaan di TV anak-anak dan bekerja
memproduksi serial TV Mother Goose & Grimm dari tahun 1991 hingga 1993. Sementara itu ia masih bersekolah di sekolah animasi.

Hillenburg menerima gelar perencanaan dan interpretasi sumber daya alam dengan fokus pada sumber daya kelautan dari Humboldt State University. Di tahun 1992, ia meraih gelar Master of Fine Arts dalam bidang animasi eksperimental dari California Institute of Arts. Humboldt State University bahkan memasukkan lagu tema SpongeBob ke dalam repertoire mereka. (berbagai sumber/*Akhlis)

BACA JUGA

KataWarta.COM