AYOPRENEUR.COM

Nancy Atwell, Pendiri Sekolah Baca Inovatif

16 Mar 2015 Hits : 977

Seorang pendidik asal negara bagian Maine yang menidirkan sekolah inovatif yang berfokus pada ketrampilan membaca dianugerahi  Nobel Prize-nya dunia pendidikan. Ia juga diganjar hibah 1 juta dollar karena darma baktinya itu.
 
Nancy Atwell menerima penghargaan prestisius “Global Teacher Prize” Minggu lalu di kota Dubai. Ia merasa sangat terhormat menerimanya.

Atwell (63) dipuji karena telah menyusun metode inovatif yang berguna meningkatkan pendidikan ketrampilan membaca anak-anak. Dalam sekolah Center for Teaching and Learning yang ia dirikan itu, para siswa didorong untuk membaca hingga 40 buku setiap tahunnya. Ia naik ke peringkat teratas dari sekitar 5 ribu kandidat dan 10 finalis.

Dalam penganugerahan itu, mantan Presiden Bill Clinton mengatakan,”Saya pikir hal terpenting dari penghargaan ini ialah apresiasi pentingnya guru dari dunia.”

“Salah satu dari mereka bahkan akan mendapat imbalan yang setimpal,” ujar Clinton sebelum memberikan penghargaan padanya.

Atwood mengatakan Bangor Daily News di bulan Januari jika ia memenangkan penghargaan, ia akan menggunakan dananya untuk memperbaiki sekolahnya itu, membeli lebih banyak buku dan memberikan beasiswa bagi para siswa.

“Sebagian besar hibah ini akan ditujukan pada bantuan uang sekolah,” ia mengatakan setelah seremoni penghargaan. “Kami harus terus memperbarui buku-buku kami sehingga siswa-siswa kami bisa terus membaca 40 buku setahun tetapi juga semua anak-anak di AS bisa terus melakukan hal yang sama.” (ap)

BACA JUGA

KataWarta.COM