AYOPRENEUR.COM

Ini Dia 3 Orang Peraih Nobel Ekonomi Tahun 2013

23 Dec 2013 Hits : 998

The Royal Swedish Academy of Sciences telah memutuskan untuk menerbitkan penghargaan The Sveriges Riksbank Prize dalam Ilmu Ekonomi untuk Mengenang Alfred Nobel 2013 kepada tiga orang yang berasal dari Amerika Serikat (AS).

Tiga orang tersebut, yaitu Eugene F Fama dari University of Chicago, Lars Peter Hansen dari University of Chicago, dan Robert J Shiller dari Yale University, New Haven. Salah satu pemenang nobel ekonomi, Lars Peter Hansen, merupakan salah seorang yang memang memiliki gagasan unggul di dalam dinamika perekonomian.

Karya Hansen mengeksplorasi implikasi formal model ekonomi yang dinamis di mana para pengambil keputusan menghadapi lingkungan ekonomi yang tidak pasti. Tema utama dari penelitiannya yakni merancang dan menerapkan metode ekonometrik yang konsisten, dengan kerangka probabilistik model ekonomi dalam penyelidikan. Karyanya memiliki implikasi untuk investasi tabungan, dan harga aset.

Melansir larspeterhansen, Rabu (16/10/2013), penelitian awal Hansen di ekonometri, ditujukan untuk mengembangkan metode statistik yang berkelanjutan, untuk menyelidiki salah satu bagian dari model ekonomi tanpa harus sepenuhnya menentukan dan memperkirakan semua model.

Guna menerapkan Aplikasi tersebut, dia menjelajahinya dengan beberapa rekan penulis, termasuk sistem yang cukup kaya untuk mendukung model penilaian aset dan untuk mengidentifikasi dan mengklarifikasi teka-teki empiris, dimana data keuangan dan ekonomi dunia yang nyata, bertentangan dengan model akademik yang berlaku .

Dia terus mengeksplorasi, menganalisis, dan menafsirkan implikasi dari model ekonomi yang dinamis di lingkungan dengan ketidakpastian dari perspektif time-series.

Penelitian terbarunya, mengeksplorasi cara untuk mengukur time-series dengan mengorbankan risk-return, dan model perilaku ekonomi saat pengambil keputusan tidak yakin bagaimana melihat bagaimana ekonomi akan berlangsung masa depan .

Hansen memenangkan Award BBVA dari Yayasan Frontiers of Knowledge dalam bidang Ekonomi Keuangan dan Manajemen pada 2010. Dia memenangkan penghargaan tersebut, dalam penelitiannya "membuat kontribusi fundamental tentang bagaimana pelaku ekonomi mengatasi lingkungan yang berisiko dan berubah".

Selain itu, dia juga menerima MSRI dari CME GroupPrize untuk Aplikasi Kuantitatif Inovatif pada 2008, dan Erwin Plein Nemmers Prize di bidang Ekonomi dari Northwestern University pada 2006 .

Hansen memiliki rekanan dari National Academy of Sciences dan Asosiasi lembaga Keuangan American. Dia juga merupakan anggota dari American Academy of Arts dan Ilmu Pengetahuan, dan mantan presiden Ekonometrik Society.

BACA JUGA

KataWarta.COM